Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Halangi Migran Lintasi Perbatasan AS-Meksiko, Negara Bagian Texas Lakukan Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Seorang hakim AS memerintahkan negara bagian Texas untuk memindahkan barisan pelampung apung di tengah sungai Rio Grande yang diperuntukkan untuk menghalangi para migran dalam melintasi perbatasan AS-Meksiko.

Hakim federal, David Ezra pada hari Rabu (6/9) mengeluarkan perintah awal di ibu kota Texas, Austin yang mengharuskan Texas untuk merelokasi pelampung kontroversial tersebut yang saat ini berada di dekat kota Eagle Pass hingga ke tanggul di sisi sungai Texas.

Pemerintahan Biden mengajukan gugatan hukum terhadap negara bagian Texas karena penghalang tersebut mengganggu navigasi dan dipasang tanpa izin yang diperlukan dari korps insinyur angkatan darat AS.

Namun, gubernur Texas, Greg Abbott memiliki pendapat yang berbeda dengan Presiden Biden dan mengatakan bahwa Biden terlalu lunak terhadap keamanan perbatasan karena jumlah migran yang ditangkap setelah melintasi perbatasan dalam beberapa tahun terakhir telah mencapai rekor tertinggi.

Pelampung panjang yang mengambang di sungai hanyalah salah satu dari beberapa strategi yang digunakan gubernur di bawah proyek negara Operasi Lone Star yang bertujuan untuk menghalangi migran mencapai wilayah AS.

Terdapat beberapa upaya lain yang mereka lakukan, seperti memasang gulungan kawat berduri, memerintahkan kendaraan milik negara dan tentara untuk berpatroli bermil-mil di tepi sungai yang dibuldoser, serta helikopter dan perahu.

“Gubernur Abbott mengumumkan bahwa dia tidak ‘meminta izin’ untuk Operasi Lone Star, program anti-imigrasi di mana Texas membangun penghalang terapung,” tulis Ezra dalam surat perintah dengan tebal 42 halaman, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (7/9).

“Sayangnya bagi Texas, izin merupakan hal yang diwajibkan oleh undang-undang federal sebelum memasang penghalang di perairan negara yang dapat dilayari,” lanjut Hakim federal tersebut.

Texas dapat mengajukan banding ke pengadilan banding kelima di AS yang berhaluan konservatif. Pelampung dan elemen lain yang membentuk taktik penghalang Abbott telah menarik keluhan dari para pendukung hak imigrasi dan aktivis lingkungan hidup.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru