Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizLuhut Masih Tunggu Komitmen Negara Maju untuk Pensiunkan PLTU

Luhut Masih Tunggu Komitmen Negara Maju untuk Pensiunkan PLTU

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan perkembangan terkait rencana pemerintah memensiunkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara.

Dia mengatakan, pemerintah sampai saat ini masih menunggu komitmen negara maju yang tergabung dalam forum G20 untuk merealisasikan skema Just Energy Transition Partnership (JETP). Pasalnya, biaya yang diperlukan untuk merealisasikan rencana tersbut terbilang besar, yakni mencapai USD100 miliar atau sekitar Rp1.529 triliun.

“Jika Anda melihat kembali hasil G20, dana (transisi energi dari JETP ke RI) 20 miliar dollar AS. Tapi kenyataannya, menurut saya bisa mencapai 100 miliar dollar AS. Lalu bagaimana kita menghadapi yang satu ini, bahkan yang 20 miliar dollar AS hingga saat ini kami belum melihat banyak kemajuannya,” kata Luhut dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (6/9).

Luhut lantas mengungkapkan, pemerintah masih mengkaji dengan baik mengenai keputusan terkait rencana pensiun dini PLTU ini, termasuk juga dengan pendanaanya.

“Sekarang sedang dikaji dengan baik. Seperti saya katakan tadi, early retirement akan kita lakukan. Tapi siapa yang bayar?” lanjutnya.

Kendati demikian, Luhut menekankan bahwa pemerintah masih terus berkomitmen untuk menjalankan rencana pensiun dini PLTU tersebut.

“Karena pendanaan yang harus kita siapkan agar kalian tahu, untuk mengatasi seluruh masalah tapi pensiun dini. Jika terjadi kebakaran di Asia dan pemerintah melalui PLN juga sudah mempersiapkan seperti 2,5 giga energi terbarukan setiap tahun,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.