Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Catat! Ini Penyebab Utama Kulit Wajah Kusam

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kulit kusam adalah masalah kulit yang paling umum. Tentu kulit yang kusam mempengaruhi keseluruhan penampilan seseorang.

Bahkan biasanya, orang dengan kulit wajah yang kusam akan terlihat tidak segar daripada orang yang jerawatan.

Jadi, kulit kusam itu apa sih?

Istilah ‘kulit kusam’ merujuk pada kondisi di mana kulit kurang memiliki kilau atau tidak mampu memantulkan cahaya dengan optimal. Kulit yang kusam biasanya tampak kering, tidak merata, pucat, atau tidak terlihat segar. Selain itu, biasanya kulit kusam juga memiliki tekstur yang tidak merata.

Perlu sobat Holopis ketahui, kekusaman pada wajah bisa muncul tanpa adanya pengaruh dari jenis kulit lho! Apapun jenis kulitnya, seperti kulit yang berminyak, kering, ataupun kombinasi, kekusaman itu akan tetap muncul jika sobat tidak merawat kulit dengan baik.

Dikutip Holopis.com dari healthline, Kamis (30/8), berikut beberapa penyebab yang dapat membuat kulit menjadi kusam :

Dehidrasi

Asupan air putih berdampak besar pada kesehatan kulit. Dalam beberapa studi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara konsumsi air yang cukup dan kesehatan kulit yang baik. Ketika sobat Holopis minum cukup air, ini akan membantu meningkatkan hidrasi dari dalam lapisan kulit sehingga mencegah kekusaman pada kulit.

Kulit Kering

Kulit yang mengalami kering berlebih biasanya lebih mudah untuk tampak kusam dan tidak segar. Efek ini terutama terasa saat bulan-bulan musim dingin, di mana udara menjadi dingin dan kering, atau jika sobat tinggal di daerah dengan tingkat kelembaban yang rendah. Pakailah pelembab secara rutin sehingga kulit terhidrasi dan sehat.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Proses alami kulit sebenarnya mampu meluruhkan sel-sel mati secara berkala untuk memberi ruang pada sel-sel baru. Namun dalam beberapa kasus, sel-sel mati ini tidak terkelupas secara optimal.

Sebagai gantinya, mereka menumpuk di permukaan kulit. Kondisi ini bisa menyebabkan kulit tampak kering, kusam, bersisik, dan tidak merata. Untuk dapat mengikis sel kulit mati tersebut secara optimal, sobat Holopis bisa melakukan eksfoliasi pada wajah.

Polusi dan Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dan polusi adalah penyebab utama mengapa kulit terlihat kusam dan kehilangan kilau. Paparan radiasi UV dan polusi mengakibatkan pembentukan radikal bebas. Molekul yang merusak ini dapat mengubah DNA, memicu perubahan pigmen, dan mempengaruhi produksi senyawa yang diperlukan kulit, sehingga mempercepat kulit menunjukkan tanda-tanda penuaan, termasuk kusam.

Pakailah sunscreen yang cocok untuk kulit dan gunakan serum vitamin C setiap pagi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru