Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Bingung Perbedaan Antara Flu dan Pilek ? Simak Penjelasannya …

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Flu dan pilek biasanya banyak menyerang seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah, apalagi di tengah cuaca tidak menentu. Hal ini karena, tubuh seseorang dipaksa terus beradaptasi dengan kondisi cuaca yang sedang terjadi, alhasil orang yang sedang dalam kondisi tidak fit, mudah terserang penyakit.

Adapun salah satu penyakit penyerta pancaroba yang mudah menyerang seseorang adalah, flu. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia menyamakan antara flu dan pilek, padahal nyatanya apabila dikaji lebih dalam maka terdapat perbedaan antara flu dan batuk yang jarang diketahui.

Oleh karena itu untuk mengetahui apa saja yang membedakan flu dan pilek, anda perlu menyimak penjelasan berikut ini. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com melalui situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Selasa (29/8).

Perbedaan Flu dan Pilek

Flu

Disebabkan oleh virus influenza (influenza A, Influenza B, dan Influenza C), adapun tingkat keparahannya sendiri tergolong cukup berat. Biasanya, penderita akan merasakan demam tinggi selama 3-5 hari, sering sakit kepala berat, batuk kering, sakit tenggorokan, dan badan gemetar hingga menggigil, nyeri otot sekujur tubuh, bahkan kelelahan parah selama 2-3 minggu, serta muntah.

Pilek

Biasanya, penderita akan mengeluarkan cairan dari hidung yang disertai dengan rasa berat dan buntu di hidung. Pilek juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, batuk, dan terkadang disertai dengan demam. Sementara itu, tingkat keparahan pilek yang dirasakan penderitanya akan cenderung ringan dan sakit tenggorokan dapat sembuh dalam 1-2 hari.

Itulah perbedaan antara flu dan pilek yang perlu anda ketahui, dengan penjabaran tersebut diharapkan dapat membantu anda untuk mengidentifikasi penyakit yang tengah dialami. Sehingga, proses penanganan dapat berjalan sesuai dengan jenis penyakit yang dialami.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru