Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Hati-hati! Ini 4 Gejala Awal Dehidrasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan yang diterimanya. Itu sebabnya mengapa, air memiliki peranan yang begitu penting guna menjaga kesehatan tubuh seseorang, oleh karena itu memenuhi kebutuhan harian cairan tubuh menjadi sangat penting agar terhindar dari dehidrasi.

Perlu diketahui, dehidrasi jika dibiarkan dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan berbagai penyakit penyerta yang berbahaya bagi tubuh. Misalnya, memicu munculnya batu ginjal, kerusakan otot, hingga mempengaruhi fungsi ginjal.

Merujuk pada penjelasan sebelumnya, potensi dehidrasi dapat dialami oleh siapapun. Mulai dari bayi hingga orang tua, tentunya dengan gejala yang berbeda tergantung dengan tingkat keparahannya.

Dengan begitu, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja gejala umum ketika tubuh mengalami dehidrasi. Simak penjelasan berikut ini, seperti yang telah dirangkumkan oleh Holopis.com melalui situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Selasa (29/8).

Gejala Awal Dehidrasi

1. Muncul sakit kepala
2. Terasa kering pada beberapa bagian tubuh, misalnya mulut, bibir, dan mata
3. Jarang buang air kecil
4. Merasa kelelahan dan kurang energi

Itulah keempat gejala awal yang menjadi tanda tubuh tengah mengalami dehidrasi, hal-hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan anda terhadap dehidrasi. Sehingga selalu berusaha untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, dengan konsumsi air putih.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru