Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

4 Fakta Novel Gadis Kretek, yang Diangkat Jadi Serial di Netflix

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Layanan streaming Netflix akan segera menayangkan serial Gadis Kretek, sebuah karya Tanah Air yang dibintangi oleh Dian Sastro Wardoyo dan Ario Bayu. Gadis Kretek diadaptasi dari novel berjudul sama karya sastrawan Ratih Kumala.

Sebelum menonton serialnya nanti, yuk baca dulu fakta-fakta dari novelnya.

1. Masuk 10 Besar Penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa

Novel Gadis Kretek berhasil meraih juara keempat dari 10 besar penerima penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa, yang merupakan ajang penghargaan sastra nasional Indonesia.

2. Menggambarkan Sosok Perempuan Kuat

Sesuai dengan judul dan juga gambar di sampul novel, kisah ini menunjukkan sosok Perempuan yang kuat. Seperti diketahui, novel ini menceritakan seorang perempuan yang sukses dalam bisnis kretek.

3. Ditulis Berdasarkan Riset yang Mendalam

Tak hanya sekedar mengangkat tema yang unik yaitu seputaran rokok, sang penulis juga melakukan riset mendalam terlebih dahulu sebelum menulis.

Setelah terinspirasi dari kisah pabrik rokok kretek kakeknya, ia pun mendatangi pabrik-pabrik kretek di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk riset. Ia bahkan mengoleksi 200 bungkus berbagai macam kretek.

3. Menceritakan Sejarah Kretek

Tak hanya mengisahkan sosok Dasiyah, novel ini jua akan menceritakan bagaimana sejarah industri kretek yang dibawa oleh penjajah Jepang ke Tanah Air. Industri tersebut pun berkembang pesat hingga sekarang.

Bagi Sobat Holopis yang semakin penasaran dengan serial ini, tunggu tanggal tayangnya nanti di 2 November 2023 ya!

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kisah Cinta Charlie Puth, Hingga Nikahi Teman Masa Kecil

Penyanyi populer Charlie Puth mematahkan hati banyak penggemarnya ketika ia menikahi sang kekasih, Brooke Sansone.

Yovie & Nuno Ajak Duet Kadishub DKJ dan Bos Transjakarta : Janji Suci

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebagai kelompok musisi, Yovie & Nuno...

IShowSpeed Pecahkan Rekor 1 Juta Views Live Streaming di Indonesia, Gokil!

Youtuber ternama asal Amerika Serikat IShowSpeed berkunjung ke Indonesia dan melakukan live streaming bersama masyarakat Tanah Air. Tak disangka bahwa kehadirannya itu turut memecahkan rekor di dunia per-Youtube-an Indonesia, dengan sukses meneembus 1 juta views ketika melakukan live streaming.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru