HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan meresmikan padepokan pencak silat dan pusat budaya sunda pada 1 September mendatang yang dibangun di Kiara Payung, Jatinangor, Jawa Barat.

Diketahui, pada tahun 2017 lalu, Gubernur kelahiran 1971 itu telah berpidato di Unesco Paris untuk menjadikan pencak silat sebagai warisan budaya dunia. Agenda tersebut akhirnya ditetapkan oleh Unesco di tahun 2019 yang menjadikan pencak silat sebagai warisan budaya dunia.

Melanjutkan ketetapan tersebut, Ridwan Kamil lantas mengumumkan pembangunan padepokan pusat pencak silat Jawa Barat akan diresmikan sebelum jabatannya selesai.

“Padepokan Pencak Silat dan Pusat Budaya Sunda akan diresmikan di tanggal 1 September 2023, 4 hari sebelum jabatan saya selesai,” ungkap Ridwan Kamil seperti dikutip Holopis.com dari unggahan Instagram @ridwankamil, (19/8).

Lanjutnya, Ridwan Kamil berharap dengan dibangunnya Padepokan Pencak Silat dan Pusat Budaya Sunda, akan bermanfaat untuk kemajuan kebudayaan dan budaya pencak silat itu sendiri.

“Semoga membawa manfaat untuk kemajuan kebudayaan dan budaya pencak silat Jawa Barat yang selalu membawa harum Indonesia di kancah internasional,” tambahnya.

Sebagai informasi, pembangunan gedung padepokan ini telah dimulai sejak awal tahun 2023, dengan lahan seluas delapan hektar dan alokasi anggaran yang bernilai sekitar Rp 30 Miliar, padepokan pencak silat akan dibuka dan diresmikan pada awal September 2023, serta akan dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan budaya Sunda.