HOLOPIS.COM, JAKARTA – Asma merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kelainan peradangan kronik saluran pernafasan, yang menyebabkan penyempitan saluran nafas. Hal ini menyebabkan gejala episodik berulang seperti, mengi (napas yang berbunyi), sesak napas, dada terasa berat, hingga batuk yang terjadi terutama saat malam hari.

Walaupun hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab asma, namun sangat penting untuk mengetahui apa saja ciri khas dari asma. Pasalnya, penyakit asma tak hanya terjadi karena penyakit genetik, namun juga bisa terjadi ketika beranjak dewasa.

Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui apa saja ciri khas asma, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Jumat (18/8).

Ciri Khas Gejala Asma

Beberapa ciri khas ini, akan muncul bersamaan dengan gejala penyakit asma pada orang dewasa diantaranya yaitu:

1. Sering muncul bila ada faktor pencetus
2. Dapat berulang dan diantaranya ada periode bebas serangan
3. Sering memburuk saat malam hari atau dini hari
4. Dapat mereda dengan pengobatan, dan terkadang dapat reda tanpa pengobatan

Beberapa ciri khas diatas, menunjukkan besar kemungkinan anda mengalami asma. Oleh karena itu, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat guna mendapatkan penanganan sedini mungkin, serta mendapat obat-obatan yang diperlukan.

Penting untuk selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan tetap waspada dengan serangan asma berat. Itu sebabnya, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat bila terjadi gejala yang memberat dan tidak dapat berkurang dengan obat-obatan yang biasanya digunakan.