Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Waduh Hati-hati, Ini 5 Tanda Anda Mengalami Gangguan Pendengaran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Era modern seperti sekarang, membuat banyak orang lebih senang beraktivitas sambil menggunakan headphone atau earbud selama berjam-jam. Baik untuk rapat online, mendengarkan musik, menonton film, mendengar lagu sambil olahraga, dan banyak kegiatan lainnya.

Meski begitu, penggunaan headphone atau earbud yang terlalu sering dapat meningkatkan risiko gangguan pendengaran. Selain itu, penyakit gangguan pendengaran merupakan salah satu penyakit yang dapat mengganggu aktivitas harian anda.

Gangguan pada pendengaran, merupakan sebuah kondisi dimana terdapat gangguan pada proses mendengar seseorang baik di telinga luar, tengah, maupun dalam untuk sampai ke otak.

Untuk mengetahui apa saja tanda dari gangguan pendengaran, simak penjelasannya berikut ini. Seperti yang dirangkumkan Holopis.com melalui situs resmi Kementerian Kesehatan RI, pada Jumat (18/8).

Tanda-tanda Gangguan Pendengaran

Ada penderita gangguan telinga yang tidak menyadari secara penuh bahwa, ia mengalami gangguan pendengaran. Oleh karena itu, berikut ini merupakan tanda-tanda bahwa anda mungkin saja mengalami gangguan pendengaran, diantaranya yaitu:

1. Sering menyalakan televisi, radio, atau musik dengan suara (volume) yang tinggi
2. Sering meminta lawan bicara untuk mengulangi pembicaraan yang tengah berlangsung
3. Telinga berdengung (tinnitus) atau berbunyi
4. Orang lain memberitahu bahwa kita berbicara dengan keras, tanpa kita sadari
5. Sulit mengikuti pembicaraan yang tengah berlangsung

Melihat tanda-tanda diatas, usahakan agar anda selalu mengistirahatkan telinga setiap satu jam selama 10-15 menit, bila hal itu merupakan tuntutan pekerjaan menggunakan earphone atau headphone. Anda juga dapat menggunakannya secara bergantian, pada telinga kiri saja, atau kanan saja.

Bila mengalami tanda-tanda gangguan pendengaran tersebut, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan. Hal tersebut bertujuan agar, anda bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin. Sehingga, anda dapat kembali melakukan aktivitas harian dengan lancar dan menghindari berbagai potensi yang tak diinginkan ketika berada di luar ruangan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru