Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Simak Cara Mudah Hilangkan Ketombe pada Kulit Kepala Bayi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kerak putih atau serpihan di kulit kepala yang tampak seperti ketombe (cradle cap) merupakan hal yang biasa terjadi pada bayi, dan bukannya pertanda kebersihannya kurang terjaga. Umumnya, serpihan putih pada kulit kepala bayi muncul pada beberapa bulan pertama dan ini akan menghilang dalam waktu 6-12 bulan.

Walaupun penyebabnya belum dapat dipastikan, namun beberapa ahli percaya bahwa hal ini dipengaruhi oleh hormon dari ibu hamil pada kehamilan trimester terakhir yang disalurkan ke si kecil. Alhasil, hormon inilah yang membuat tubuh bayi memproduksi banyak minyak secara berlebih pada kulit kepala.

Ada pula kemungkinan lainnya yang dapat membuat bayi mengalami cradle cap, yaitu jamur Malassezia dan bakteri yang tumbuh pada minyak tersebut. Meski tidak menular, namun kerak putih pada kepala ini bila sudah parah akan membuat kulit kepala bayi terasa gatal.

Tanda bayi mengalami cradle cap adalah, muncul kerak tebal di kulit kepala, terdapat sisik putih atau kuning pada kulit kepalanya yang berminyak atau kering, dan bisa disertai kemerahan pada kulit kepala. Namun ibu tak perlu khawatir, cara mengatasinya tidak perlu pengobatan khusus karena tidak berbahaya.

Ibu dapat melakukan tiga langkah perawatan kulit berikut ini, agar ketomber si kecil bisa cepat menghilang. Simak penjelasannya berikut ini, seperti yang dirangkumkan Holopis.com melalui situs resmi Alodokter, Rabu (16/8).

1. Pijat Kulit Kepala Bayi: Dengan melakukan cara ini, bertujuan untuk melepas kerak atau sisik. Ibu dapat memijat kulit kepalanya dengan baby oil, minyak zaitun, atau petroleum jelly sebelum keramas. Bila sudah dipijat, ibu bisa mendiamkan minyak di kepalanya selama 15 menit.

2. Gosok Kulit Kepala Bayi: Setelah memijat kepala bayi, langkah kedua yaitu membasahi kulit bayi lalu gosok-gosok secara lembut dan perlahan menggunakan sikat wajah atau sikat gigi lembut selama beberapa menit guna merontokkan keraknya.

3. Cuci Rambut dan Kulit Kepala Bayi: Ibu lalu dapat mencuci rambut dan kulit bayi dengan shampo khusus bayi, bilas sampai bersih, kemudian keringkan dengan handuk. Perlu diingat, pastikan juga tidak ada sisa minyak pada kulit kepalanya karena dapat menyumbat pori-pori kulit dan membuat ketombe semakin parah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru