Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizLuhut Bawa Oleh-oleh Ini Usai Temui Elon Musk

Luhut Bawa Oleh-oleh Ini Usai Temui Elon Musk

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan kunjungan ke Amerika Serikat untuk bertemu Elon Musk.

Dalam pertemuan itu, Luhut mendapatkan kepastian terkait investasi Elon Musk di Indonesia dalam hal penyediaan akses internet untuk Indonesia bagian timur melalui salah satu perusahaannya, yakni Starlink.

Luhut menyampaikan, Starlink mempunyai ribuan satelit kecil low earth orbit yang dapat digunakan untuk memberikan akses internet ke daerah terpencil di Indonesia.

“Dia ingin Starlink bisa beroperasi di daerah rural kita, dan kebetulan Menteri Kesehatan juga ikut bersama saya juga dan melihat banyak sekali desa-desa kita yang tidak bisa dijangkau oleh internet,” kata Luhut sebagaimana dikutip Holopis.com dari akun Instagram pribadinya, Senin (14/8).

“Oleh karena itu kita sepakat juga dengan Elon untuk Starlink masuk di Indonesia bagian timur,” sambungnya.

Luhut menyampaikan, bahwa manfaat yang didapat Indonesia dari kerjasama itu amatlah besar. Misalnya, untuk memberikan dukungan pada infrastruktur kesehatan di daerah terpencil berupa akses internet di puskesmas.

Menurutnya, hal tersebut bisa membantu tenaga kesehatan (nakes) melaporkan data-data terkait kesehatan secara real time.

Selain itu, layanan pendidikan juga akan bisa diakses oleh para pelajar di Indonesia bagian timur sehingga akses pendidikan yang setara dan merata di Indonesia bisa kita wujudkan.

“Yang menarik juga cost-nya jauh lebih murah. Cost lebih murah ini dapat membuat Starlink bisa digunakan,” ungkap Luhut.

Luhut berharap, kerja sama Starlink bukan cuma penjajakan semata. Untuk itu, dia mengundang Elon Musk untuk hadir ke Indonesia dan meneken perjanjian kerja sama yang konkrit.

“Saya minta Elon datang. Status Starlink, prosesnya diselesaikan dengan teliti. Saya bilang kami nggak mau MOU lagi langsung pada agreement investasi di sini,” ungkap Luhut

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).