Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Catat! 4 Cara Sederhana Ini Bisa Memaksimalkan Sehatmu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Di era modern seperti sekarang ini, terdapat begitu banyak tantangan terhadap kesehatan manusia yang semakin kompleks, apalagi bila anda hidup di lingkungan perkotaan dengan tingkat kesibukan yang tinggi. Umumnya, masyarakat yang tinggal di perkotaan cenderung mengalami tekanan psikologis yang tinggi.

Hal ini karena, banyaknya tuntutan pekerjaan, komitmen sosial, maupun aktivitas lainnya. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui cara menjaga kesehatan fisik dan mental meskipun menjalani berbagai kegiatan yang padat dan sibuk. Simak penjelasannya, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com melalui situs resmi Klikdokter, Sabtu (12/8).

Aktivitas Fisik Teratur

Fondasi dari kesehatan fisik yang baik, adalah aktivitas fisik. Walaupun anda memiliki jadwal pekerjaan yang sibuk, sebaiknya luangkan waktu berolahraga secara teratur setidaknya 3 kali dalam seminggu (180 menit). Hal ini tidak hanya akan membantu menjaga berat badan ideal, namun dengan kegiatan fisik juga dapat merangsang pelepasan hormon endorfin yang dapat membantu meningkatkan suasana hati.

Ciptakan Keseimbangan

Penting untuk menciptakan keseimbangan antara pekerjaan, istirahat, dan hiburan guna menjaga kesehatan fisik maupun mental. Oleh karena itu, pastikan untuk mengalokasikan waktu baik untuk beristirahat maupun melakukan aktivitas yang menyenangkan di tengah padatnya kesibukan selama seharian. Perlu diingat, anda tak perlu ragu untuk mengatur batas waktu bekerja dan meluangkan waktu untuk relaksasi.

Komunikasi dan Dukungan Sosial

Berbicara tentang perasaan dan emosi kita merupakan hal yang krusial, oleh karena itu jangan pernah ragu untuk berbicara kepada teman, keluarga, atau bahkan kepada seorang profesional bila perasaan cemas ataupun stres terus menghantui. Dengan adanya dukungan sosial, hal ini dapat memberikan pemahaman maupun solusi yang membantu meringankan beban pikiran.

Praktik Meditasi dan Relaksasi

Untuk menjaga kesehatan mental, penting melakukan yang namanya praktik meditasi dan relaksasi. Hal ini dapat membantu mengurangi stres, dan meningkatkan ketenangan pikiran. Luangkan waktu beberapa menit setiap harinya untuk duduk dalam keheningan, fokus saja terhadap pernapasan, dan membiarkan pikiran-pikiran yang mengganggu itu perlahan hilang dengan sendirinya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru