Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kebakaran Hebat di Maui Hawaii Tewaskan Puluhan Orang, Ini Penyebabnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kebakaran yang terjadi di Maui, Hawaii menyebabkan rumah sakit setempat kewalahan dengan banyaknya pasien yang menderita luka bakar dan menghirup asap kebakaran, serta setidaknya 36 orang telah terkonfirmasi tewas.

Ahli meteorologi di NWS Honolulu mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di Maui serta beberapa pulau besar lainnya di Hawaii terjadi karena kondisi cuaca yang berangin kencang, vegetasi kering dan kelembapan yang rendah, seperti dikutip Holopis.com dari Scientific American, Jumat (11/8).

Kekeringan yang sedang terjadi di pulau Maui diperparah dengan angin pasat yang lemah, sehingga dapat menahan hujan. Kekeringan tersebut membuat rerumputan dan tumbuh-tumbuhan lainnya mengering, sehingga dapat lebih mudah terbakar dalam kebakaran hutan.

Dua faktor lainnya adalah pola atmosfer besar yang menampilkan area bertekanan tinggi yang kuat di utara pulau dan area bertekanan rendah yang kuat di selatan.

Angin cenderung bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah, dan semakin kuat perbedaan tekanan, semakin kencang pula anginnya.

Maui berada tepat di antara tekanan tinggi yang sangat kuat dan tekanan rendah yang sangat kuat serta medan pulau yang terjal. NWS telah memperingatkan bahwa angin memiliki kecepatan 30 hingga 45 mil per jam, dengan hembusan hingga 60 mph.

Angin yang sangat kencang tersebut dapat dengan cepat menyebarkan api. Kepala Asisten Pemadam Kebakaran Maui, Jedd Giesea mengatakan bahwa api yang berjarak 1 km dapat sampai ke tempat kalian berada dalam waktu satu hingga dua menit.

Seluruh kondisi tersebut sangat mempersulit pemadam kebakaran untuk memadamkan api, serta pemadam tidak dapat menggunakan bantuan udara dikarenakan angin yang terlalu kencang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.

PBB : Israel Langgar Perjanjian Global Tentang Hak Anak

Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuding Israel telah melakukan pelanggaran yang berat, yaitu melanggar perjanjian global tentang melindungi hak anak-anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru