Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Banyak Mobil China Masuk Indonesia, Airlangga : Berdampak Baik Untuk Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Merek Mobil China makin banyak, hal tersebut ditanggapi Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto saat pembukaan pameran otomotif GIIAS 2023 di ICE BSD, Kamis 10 Agustus 2023.

Menurut Airlangga, akin banyaknya merek mobil China masuk ke Indonesia berdampak baik untuk pasar Indonesia di sektor otomotif. Apalagi, mereka sudah berkomitmen membuat kendaraan di dalam negeri.

“Tentu kita lihat EV-nya banyak yang masuk dan harganya terjangkau. Ini sebagian besar akan masuk dengan pola CKD. Ini diharapkan bisa meningkatkan persaingan di pasar otomotif,” ujarnya dalam keterangan, Kamis (10/8) seperti dikutip Holopis.com.

Sebelumnya, pemerintah dan merek mobil China BYD telah menandatangani MoU di China untuk menjajaki kemungkinan investasi, termasuk kendaraan listrik.

Diberitakan sebelumnya, GIIAS 2023 (Gaikindo Indonesia International Auto Show) dibuka secara resmi, oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada 10 Agustus 2023.

Pada GIIAS 2023, tema yang diangkat yakni Future Now yang menjadi representasi masa depan industri otomotif Indonesia.

Dalam pameran kali ini, ada 49 merek kendaraan dari berbagai segmen. Selain itu, juga ada puluhan model dan teknologi terkini dari industri otomotif Indonesia, termasuk kendaraan berbasis listrik yang akan diperkenalkan oleh para peserta pameran GIIAS.

Untuk kendaraan jenis penumpang ada 29 merek, yakni Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, hingga Wuling.

Selanjutnya ada lima merek dari kendaraan komersial seperti Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Ditambah lagi 15 merek dari kendaraan roda dua, yaitu Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.

Tiga merek karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga akan unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

BMW Eurokars Kebon Jeruk Jadi Diler Berkonsep Retail.Next di Jakarta Barat

BMW Group Indonesia meresmikan dealernya, dengakn konsep yang berbeda. Kali ini, BMW Eurokars Kebon Jeruk hadir dengan konsep Retail.Next dan tampilan yang mewah serta eksklusif.

Huawei Mau Ikut Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

Huawei dikabarkan akan memperluar sayap bisnisnya di Indonesia, tidak hanya di pasar teknologi informasi dan komunikasi. Seperti diketahui, Huawei punya beberapa produk gadget yang dipasarkan di Indonesia.

Pabrik Handal Bekasi jadi Lokasi Perakitan Mobil Listrik Neta X

Mobil Listrik Neta X mulai dirakit di pabrik Handal, Bekasi, Jawa Barat. Ini menjadi produk kedua PT Neta Auto Indonesia yang dirakit di Indoensia, setelah sebelumnya ada Neta V-II.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru