HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengklaim permasalahan utama dalam pengiriman bantuan logistik ke Papua Tengah hanya berada di kondisi cuaca.

Yudo Margono pun sesumbar bahwa tidak akan ada gangguan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang bisa menghambat proses pengiriman bantuan.

“Nggak ada kendala, jadi saya pastikan untuk kendala dari KKB nggak ada. Jadi memang saat ini kendalanya hanya cuma cuaca saja,” kata Panglima TNI dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (2/8).

Menurut Yudo, para anggotanya di lapangan sudah cukup untuk mengamankan lokasi pengiriman bantuan tersebut dari kemungkinan serangan KKB.

“Kan ada pasukan di sana. saya pastikan pasukan kita di sana jaga karena ini adalah bantuan kemanusiaan, jadi harus semua sepakat mendahulukan,” tegasnya.

Dengan kondisi 50 orang prajurit TNI yang disiapkan untuk menjaga bandara maupun jalan menuju Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, Yudo pun mengklaim tidak mendengar lagi adanya kericuhan atau serangan dari para KKB.

“Saya sampai sekarang tidak mendengar itu dan nyatanya bahan pangan kita yang kami kirim sudah terdistribusi dan sampai di sana dan sampai sekarang tidak ada gangguan tembakan dari KKB,” klaimnya.

“Jadi, kami terus dukung untuk pendistribusian bantuan, kan mengalir terus, ya, bantuan. Tentunya kami akan siapkan alutsista helikopter untuk bisa mendistribusikan bantuan makanan ke sana,” lanjutnya.

Yudo pun menambahkan, saat ini distribusi bantuan hanya bisa dilakukan melalui jalur udara, sehingga kondisi cuaca sangat menentukan kelancaran proses penyaluran.

“Jalan satu-satunya hanya melalui udara dan angkutan udara harus menunggu cuaca. Ketika cuaca bagus, langsung terbang ke sana untuk nge-drop,” ujarnya.