Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Simak 4 Langkah Cara Atasi Revenge Bedtime Procrastination

HOLOPIS.COM, JAKARTARevenge bedtime procrastination (balas dendam penundaan waktu tidur) merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengorbankan waktu tidurnya demi melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Hal ini sering dialami oleh orang yang memiliki pekerjaan yang menyita sebagian besar waktu mereka, sehingga revenge bedtime procrastination merupakan cara mereka untuk melakukan suatu kegiatan yang menghibur mereka setelah melalui hari yang lelah, meskipun mereka tahu bahwa hal tersebut berarti akan mengurangi jam tidurnya.

Perlu sobat Holopis ketahui bahwa pengurangan jam tidur dapat menimbulkan efek negatif yang signifikan terhadap fisik, mental serta emosional dengan konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang.

Dikutip Holopis.com dari situs resmi Kemenkes RI, Senin (3/8), untuk menghindari efek negatif yang dapat terjadi, sobat Holopis dapat menyimak beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mencegah revenge bedtime procrastination yang dapat menyebabkan kurang tidur.

  1. Bangun Pola Tidur yang Baik

Buat pola tidur yang baik dengan tetapkan jadwal bangun dan tidur yang konsisten setiap hari, termasuk juga saat hari libur.

  1. Hindari Konsumsi Kafein Pada Sore/Malam Hari

Hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, coklat, teh hijau dan minuman berenergi, karena kafein dapat meningkatkan aktifitas pada sistem saraf, sehingga menyebabkan tubuh kita menjadi segar dan tidak mengantuk.

  1. Berhenti Gunakan Gawai 30 Menit Sebelum Tidur

Aktifitas memainkan gawai dapat membuat kita lupa waktu sehingga akan mengurangi waktu tidur kita, untuk mencegah hal tersebut, sobat Holopis dapat mengatur gawai dalam mode bedtime 30 menit sebelum waktu tidur yang sebelumnya sudah dijadwalkan.

  1. Lakukan Aktifitas yang Membuat Rileks

Sebelum tidur, lakukan aktifitas yang dapat membuat sobat Holopis rileks, seperti membaca buku, meditasi atau aktifitas lainnya yang dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks dan merasa tenang serta nyaman.

Setelah mengikuti beberapa langkah diatas, diharapkan sobat Holopis dapat terhindar dari revenge bedtime procrastination dan akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, sehingga dapat menjalani aktifitas dengan lebih bersemangat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru