HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam keadaan hamil, melakukan mastrubasi maupun berhubungan intim boleh-boleh saja karena memang terdapat sejumlah manfaat yang dapat diperoleh. Namun, ibu hamil harus tetap melakukannya secara hati-hati karena ada pula risiko yang patut diwaspadai.

Perlu diingat, selama dilakukan dengan cara yang aman berhubungan intim dan mastrubasi boleh saja dilakukan oleh ibu hamil. Meski begitu, masih banyak ibu hamil yang merasa tidak nyaman untuk melakukannya, bahkan ada yang merasa khawatir hal ini berdampak buruk bagi keselamatan janin dalam kandungannya.

Alasan inilah yang membuat sebagian ibu hamil lebih memilih untuk melakukan mastrubasi agar hasrat seksualnya dapat tetap tersalurkan. Simak penjelasannya berikut ini guna mengetahui keamanan mastrubasi dan manfaat mastrubasi saat hamil, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com melalui situs resmi Alodokter, Rabu (2/8).

Keamanan Mastrubasi saat Hamil

Melakukan mastrubasi dalam keadaan hamil sebenarnya tidak berbahaya, namun tidak semua ibu hamil dapat melakukannya. Ibu hamil yang memiliki kondisi berikut ini misalnya, tidak disarankan untuk melakukan mastrubasi:

1. Pernah mengalami pendarahan saat hamil
2. Bayi berisiko tinggi lahir prematur
3. Pernah mengalami plasenta previa atau keguguran
4. Merasakan kram atau nyeri perut yang berat
5. Air ketuban merembes

Manfaat Mastrubasi saat Hamil

1. Meredakan Ketegangan : Mastrubasi dapat meredakan ketegangan yang mungkin saja dialami ibu hamil selama masa kehamilan. Selain itu, merasakan orgasme ketika hamil, baik melalui hubungan seksual dengan pasangan atau mastrubasi terbukti dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan pada ibu hamil.

2. Meringankan Gejala yang Dirasakan saat Hamil : Perlu diketahui, melalui mastrubasi bisa membantu meringankan keluhan yang sering dirasakan ibu hamil seperti mual, nyeri pada punggung bawah, hingga kaki bengkak. Tak hanya itu, mastrubasi juga terbukti dapat membuat ibu hamil tidur lebih nyenyak.

3. Sebagai Alternatif Hubungan Seksual : Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mastrubasi dapat menjadi alternatif untuk menyalurkan hasrat seksual bagi ibu hamil yang sulit atau takut berhubungan seksual karena perut yang semakin membesar, ataupun khawatir bila berhubungan dapat membahayakan kandungan.