Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

IDI Pastikan Lukas Enembe Sehat dan Waras Untuk Disidangkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ikatan Dokter Indonesia telah menberkn second opinion terkait kondisi Lukas Enembe yang selalu mengeluh sakit setiap persidangan.

Dalam second opinion yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, IDI memastikan bahwa Lukas Enembe dinyatakan laik untuk menjalani proses persidangan.

“Tim pemeriksa kesehatan second opinion menyimpulkan bahwa saat ini terperiksa dinilai layak untuk menjalani proses persidangan,” kata salah satu jaksa KPK dalam persidangan yang dikutip Holopis.com, Selasa (1/8).

IDI juga membantah pernyataan dari pihak pengacara yang menyatakan bahwa kader Partai Demokrat itu kritis. Selain itu, secara kejiwaan Lukas Enembe pun dinyatakan layak untuk mengikuti sidang.

“Tidak ditemukan adanya gangguan kejiwaan yang berat atau serius. Terperiksa mampu mengendalikan emosi secara baik, dapat berpikir rasional, dan memiliki fungsi kognitif yang cukup baik,” jelasnya.

Meskipun begitu, Lukas Enembe memiliki riwayat stroke nonperdarahan, diabetes melitus, hipertensi dengan penyakit jantung koroner tanpa tanda-tanda gagal jantung.

Selain itu, ditemukan penyakit ginjal kronik stadium lima atau stadium akhir akibat komplikasi diabetes melitus. Oleh karenanya, Lukas dianjurkan hemodialisis atau cuci darah, tetapi ia dan keluarga tidak merespons.

Jaksa mengatakan Lukas Enembe dapat berkomunikasi dua arah dan bersikap kooperatif, terbuka, tampil apa adanya, dan tidak ada upaya untuk menutupi ataupun melebih-lebihkan masalah kesehatan yang dimilikinya

“Informasi yang diberikan bersifat cukup konsisten,” ucap jaksa.

Atas hasil second opinion yang dilakukan delapan dokter ahli dari IDI tersebut, persidangan atas nama terdakwa Lukas Enembe dilanjutkan pada Senin (7/8) dengan agenda pemeriksaan saksi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru