Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Jokowi Ungkap Kendala Penanganan Bencana Kelaparan di Papua Tengah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui, bahwa tidak mudah untuk menangani masalah bencana kelaparan di Papua Tengah, yang telah menewaskan setidaknya 6 orang tersebut.

Jokowi pun mengamini, bahwa kondisi iklim menjadi salah satu penyebab bencana kelaparan ini terjadi. Dia menyebut, terdapat daerah spesifik yang tanaman tidak ada yang tumbuh saat sedang musim salju.

Kendati demikian, Jokowi mengaku telah menginstruksikan agar penanganan bencana kelaparan di bumi Cendrawasih itu segera ditangani.

“Saya sudah perintahkan kepada Menko PMK, Menteri Sosial, BNPB dan juga (Pemerintah) daerah di papua untuk segera menangani secepat-cepatnya,” kata Jokowi usai meresmikan Sodetan Ciliwung, Senin (31/7) yang dikutip Holopis.com.

“Tapi problemnya supaya tahu, itu ada daerah spesifik yang kalau di musim salju itu yang namanya tanaman tidak ada yang tumbuh di ketinggian yang sangat tinggi di distrik itu,” imbuhnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun mengakui, bahwa kondisi geografis di bumi Cendrawasih itu menjadi kendala pihaknya dalam penanganan bencana kelaparan tersebut. Dikatakannya, medan yang terjal menjadi penghambat dalam pengiriman bantuan makan ke distrik-distrik yang mengalami bencana kelaparan.

“Bantuan untuk makanan juga problem di urusan keamanan. Pesawat tidak berani turun sehingga problem lagi. sebab itu saya minta juga tadi tni untuk membantu mengawal,” kata Jokowi.

“Di sana memang problemnya selalu seperti itu. Medannya yang sangat sulit, pesawat yang mau turun pilotnya gak berani, sehingga problem itu yg terjadi,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui, bancana kelaparan yang terjadi di Papua Tengah telah menelan korban jiwa, setidaknya sebanyak enam orang warga di Kabupaten Puncak meninggal dunia karena kelaparan.

“Bencana kekeringan telah menyebabkan enam orang meninggal dan kelaparan bagi masyarakat di daerah terdampak,” kata Bupati Puncak, Willem Wandik, Kamis (27/7).

Sementara itu berdasarkan data dari Kementerian Sosial (Kemensos), tersapat 7.500 jiwa yang terdampak kekeringan, dan mengalami kelaparan lantaran gagal panen.

Adapun penyebab dari bencana kelaparan itu yakni fenomena iklim El Nino yang terjadi sejak awal Juni 2023, yang berujung pada bencana kekeringan.

“Fenomena hujan es yang terjadi pada awal Juni menyebabkan tanaman warga yaitu umbi yang merupakan makanan pokok menjadi layu dan busuk. Setelah itu tidak turun hujan, sehingga tanaman warga mengalami kekeringan,” kata dia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru