HOLOPIS.COM, JAKARTA – Donor darah merupakan suatu kegiatan mulia yang dapat memberi banyak manfaat tak hanya untuk orang yang menerima donor darah tersebut, namun juga untuk pendonor itu sendiri.

Dikutip Holopis.com dari situs resmi Kemenkes RI, Jumat (28/7), selain dapat membantu orang yang membutuhkan donor darah seperti, korban kecelakaan, pasien yang membutuhkan transplantasi organ dan masih banyak lagi, dengan melakukan donor darah secara rutin dapat memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh sang pendonor.

  1. Dapat Mendeteksi Dini Penyakit Serius

Sebelum pelaksanaan donor darah, pendonor diwajibkan untuk memeriksakan kondisi darah, sehingga jika terdapat penyakit serius seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, dan sifilis dapat segera terdeteksi sedini mungkin.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Salah satu efek melakukan donor darah secara teratur yaitu dapat menurunkan kekentalan darah. Hal tersebut dapat membuat pendonor menurunkan risiko terkena penyakit jantung, karena kekentalan darah adalah salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya risiko terkena penyakit jantung.

  1. Membantu Turunkan Berat Badan

Donor darah ternyata dapat membantu menurunkan berat badan, sebab rata-rata orang dewasa yang mendonorkan 450 ml darahnya dapat membakar sebanyak 650 kalori.

Setelah mengetahui manfaat dari donor darah, sobat Holopis yang sehat dan memenuhi persyaratan donor darah dapat segera mendaftarkan diri ke tempat donor darah terdekat yang diadakan oleh PMI.

Sebelum melakukan donor darah sobat Holopis harus memastikan bahwa badan kalian sedang dalam kondisi fit dan sebaiknya sudah mengkonsumsi makanan serta pastikan sobat Holopis juga telah mendapatkan waktu tidur yang cukup.