Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mulai 1 Agustus, Pajak Kendaraan Listrik di Jatim Dibebaskan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan memberlakukan program pembebasan pajak kendaraan listrik berbasis baterai, mulai dari pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Timur, Bobby Soemiarsono mengatakan, bahwa program pembebasan pajak tersebut baru akan berlaku mulai 1 Agustus 2023 mendatang.

“Pajak kendaraan listrik sepenuhnya akan dibebaskan. Balik nama juga tidak lagi membayar,” ujar Bobby sebagaimana dikutip Holopis.com, Kamis (27/7).

Bobby mengatakan, jumlah kepemilikan kendaraan bermotor listrik di Jatim terus mengalami kenaikan sejak tahun 2020 lalu. Saat ini, jumlah kendaraan listrik di Jatim tercatat sebanyak 4.024 unit, dengan 2.991 unit di antaranya adalah motor listrik.

Bobby mengatakan, program ini sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Kemendagri melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 6/2023.

“Untuk yang berbasis baterai per 1 Aqustus 2023 kita bebaskan. Kalau saat ini masih 10 persen,” ujar Bobby.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 10 Permendagri 6/2023, pengenaan PKB dan BBNKB atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai adalah sebesar 0 persen dari dasar pengenaan PKB dan BBNKB. Artinya, kepemilikan dan balik nama kendaraan listrik sepenuhnya terbebas dari PKB dan BBNKB.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kurang Hati-hati, Pemotor Hendak Belok Ditabrak dari Belakang

Seorang pengendara sepeda motor yang hendak berbelok, tiba-tiba ditabrak pemotor dari arah belakangnya. Kedua pihak yang terlibat kecelakaan bernasib serupa, keduanya ndlosor alias tersungkur di Jl. Raya Solo.

Kereta Api Sambar Truk di Lintasan Dua Spoor Terbuka, Sopir dan Kernet Kritis

Kereta Api Argo Semeru jurusan Surabaya - Jakarta yang melesat cepat, menyambar sebuah truk di lintasan dua spoor terbuka di Desa Keras Wetan, Kecamatan Geneng, Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (7/9).

Duda Muda Begal Payudara Tertangkap di Magetan

eorang duda muda diduga pelaku begal payudara berhasil ditangkap warga di Magetan, Jawa Timur, Jumat (6/9).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru