Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizWow, Dana Abadi Penelitian RI Sudah Terkumpul Rp12,99 Triliun

Wow, Dana Abadi Penelitian RI Sudah Terkumpul Rp12,99 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan dana abadi penelitian yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah terkumpul sebanyak Rp12,99 triliun.

Sri Mulyani pun meminta para peneliti jangan ragu untuk wujudkan mimpi dan inovasinya demi kemajuan bangsa dan negara. Dana abadi penelitian yang disediakan pemerintah tersebut akan terus bertambah.

“Untuk menjamin keberlanjutan dunia penelitian, sejak 2020 pemerintah membentuk Dana Abadi Penelitian yang dikelola LPDP berkolaborasi dengan BRIN,” kata Sri Mulyani dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @smindrawati, yang dikutip Holopis.com, Jumat (7/7).

“Sampai saat ini, nilainya telah mencapai Rp 12,99 triliun dan akan terus bertambah,” sambungnya.

Bendahara Negara itu menyebut, Indonesia juga terus mendorong riset yang berkaitan dengan perbaikan iklim dari sisi pendanaan melalui LPDP.

Sejak 2013, lanjutnya, sebanyak 2.109 proyek riset sudah didanai oleh program Riset Inovatif-Produktif (RISPRO) LPDP, dengan total anggaran mencapai Rp1,8 triliun.

Atas dukungan pendanaan tersebut, inovasi para anak bangsa diklaim semakin banyak dikenal dunia.

Sri Mulyani bahkan menyebut, Indonesia telah dinobatkan sebagai Innovation Achiever atau negara-negara yang berprestasi di bidang inovasi oleh World Intellectual Property Organization (WIPO).

Pemerintah pun akan memberikan kepada peneliti terpilih yang hasil dari penelitiannya memberikan dampak luas. Sejauh ini, dana sebesar Rp3,675 miliar telah disalurkan kepada 5 peneliti di Indonesia.

“Negara tak pernah absen untuk hadir memberi apresiasi bagi semua yang berprestasi melalui #UangKita APBN, termasuk para ilmuwan dan peneliti,” tukas Sri Mulyani.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.