Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tau Tajin? Ternyata Bisa Sembuhkan GERD

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Untuk sebagian masyarakat khususnya generasi Z kurang familiar dengan tajin. Tapi bagi generasi Y atau milenial mungkin masih related.

Buat kamu yang tak paham apa itu tajin. Tajin adalah cairan kental yang muncul saat kita memasak nasi dengan cara konvensional, yakni menggunakan dandang atau kuali dengan bantuan api kecil di tungku atau kompor.

Berdasarkan penjelasan dari Halodoc yang dikutip Holopis.com, Minggu (2/7), bahwa di dalam cairan Tajin terdapat kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, yakni mineral dan probiotik yang penting untuk kesehatan usus dan kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

rebusan beras tersebut juga bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik di perut, sehingga mempromosikan gerakan usus yang sehat.

Air tajin bisa membantu mengatasi penyakit asam lambung dengan cara menetralisir asam lambung. Selain itu, kandungan nutrisi di dalamnya juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan lainnya.

Mineral yang ada di dalam cairan tajin bisa membantu menyeimbangkan tingkat elektrolit dalam tubuh, terutama selama cuaca panas dan lembab. Hal itu membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan mengembalikan nutrisi yang hilang.

Oleh sebab itu, tajin sangat baik dikonsumsi untuk kamu yang mengalami beberapa persoalan pencernaan, mulai dari susah buang air besar (BAB), sembelit, diare dan keracunan makanan.

Selain itu, ada juga manfaat air tajin untuk lambung, yaitu bisa membantu mengatasi penyakit asam lambung atau dikenal juga dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Asal Sobat Holopis tahu juga, bahwa air tajin juga sudah terbukti bisa menjadi obat diare alami, tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga bayi. Bayi lebih rentan terhadap penyakit seperti diare dan bila tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan dehidrasi parah.

Sebuah penelitian menemukan bahwa air beras efektif dalam mengendalikan diare dengan mengurangi volume dan frekuensi buang air besar pada bayi.

Perlu diingat bahwa air tajin adalah air rebusan beras, bukan air cucian beras.

Cara mendapatkan air tajin
Rebus beras yang telah dicuci sebelumnya dengan api kecil di atas kompor atau tungku, lalu ketika beras sudah setengah matang, ambil cairan putih kental yang ada di atasnya. Itulah air tajin.

Sobat Holopis juga bisa menambahkan sedikit garam untuk memberi rasa. Dan minumlah air tajin tersebut ketika sudah menghangat.

Namun jika penyakit pencernaan kamu sudah terlalu parah dan tidak terdapat efek positif pasca meminum air tajin, segera hubungi dokter untuk mendapatkan tindaka medis.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru