Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ini Posisi Tidur Terbaik saat Haid, Dijamin Tidur Jadi Nyenyak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rasa nyeri saat periode menstruasi atau haid sering kali membuat seseorang kesulitan tidur. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengubah posisi tidur, meski anda dapat mengatur sendiri bagaimana posisi tidur yang nyaman untuk mengurangi kram atau nyeri haid.

Namun, posisi tidur yang berbeda memiliki manfaat yang berbeda pula. Itu sebabnya mengubah posisi tidur diyakini dapat membantu meredakan gejala atau gangguan menstruasi yang tengah dirasakan. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui lebih lanjut, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Hellosehat, Senin (26/6).

1. Posisi Fetal

Fetal merupakan posisi tidur yang paling banyak direkomendasikan saat nyeri haid, karena diyakini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Caranya adalah seperti meringkuk, posisikan tubuh secara menyamping, lalu tekuk kaki, pastikan lutut anda sejajar dengan dada.

Posisi ini bagus untuk punggung bagian bawah yang terasa nyeri akibat menstruasi, hal ini karena tidur pada posisi fetal dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang. Tak hanya itu, posisi tidur seperti ini juga mampu melemaskan otot-otot sekitar perut dan bokong, serta mengurangi ketegangan dan nyeri sehingga membantu anda untuk tidur.

2. Terlentang dengan Bantal dibawah Lutut

Posisi tidur terlentang dengan bantal dibawah lutut, dapat anda coba guna membantu mengurangi nyeri ketika haid. Posisi tidur ini dapat melindungi tulang belakang sekaligus meredakan nyeri pinggang atau punggung, terlebih lagi posisi tidur telentang ini menggunakan gravitasi sehingga menjaga tubuh tetap sejajar di atas tulang belakang anda.

Meski begitu, ada pula sebagian orang yang tidur terlentang justru merasakan ketegangan pada area punggung dan bokong, sehingga rasa nyeri akan semakin bertambah. Untuk mengatasinya, gunakan tambahan bantal di bawah lutut untuk membantu menopang lekok alami tubuh.

3. Posisi Menyamping dengan Bantal di Paha

Terdapat berbagai posisi tidur untuk meredakan nyeri haid, selain dua cara sebelumnya anda juga dapat melakukan posisi tidur menyamping, baik ke kiri maupun kanan. Posisi yang satu ini sama seperti posisi fetal, yaitu tidur menyamping agar membantu mengurangi nyeri atau kram punggung yang sering terjadi saat periode haid. Pasalnya, posisi yang satu ini dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang sehingga terasa lebih nyaman, anda juga dapat menaruh bantal di kedua paha anda.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru