Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Akun Pengunggah Video Hoaks Dukungan TNI untuk Anies Terungkap, Ini Sosoknya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Akun pengunggah video hoaks ‘Dukungan TNI untuk Anies’ di Facebook mulai terungkap, yakni Fredi Anto yang merupakan akun yang unggah video tersebut.

Menurut Kapuspen TNI, Laksamana Muda TNI Julius Widjojono akun tersebut terhubung dengan akun Facebook Tubari Arii dan akun Youtube Relawan Anies Baswedan.

“Akun Facebook Fredi Anto juga terhubung dengan akun Facebook Tubari Arii dan akun Youtube Relawan Anies Baswedan,” ujar Julius dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (18/6).

Menurut Julius, akun Fredi Ando tergabung dalam akun grup Facebook Pak Anis Putra Terbaik Bangsa.

Selain itu, Fredi diketahui kerap memposting video dengan narasi TNI mendukung Anies Baswedan.

“Hoaks karena isi video tersebut merupakan potongan dari beberapa video yang diedit dan dijahit,” kata Julius.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan, akun Fredi Anto diketahui memposting video editan dari beberapa kegiatan Relawan Anies Baswedan pada acara Pengukuhan Pengurus di Semarang tanggal 17 Desember 2022.

Saat itu pembicaranya adalah Mayor (Purn) Yoyok Riyo Sudibyo (Mantan Bupati Batang periode 2012-2017) sebagai koordinator purnawirawan TNI.

“Akun Facebook Fredi Anto dalam postingannya sering menyudutkan Presiden Joko Widodo dan capres lainnya serta merupakan akun Buzzer dari pendukung Anies Baswesdan untuk mensukseskan Anies Baswedan sebagai Presiden pada tahun 2024,” jelas Julius.

Julius menegaskan seluruh tayangan atau berita yang menyatakan TNI mendukung salah satu capres adalah hoaks. Dia mengatakan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyampaikan TNI netral dalam Pemilu 2024.

“Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada setiap kesempatan selalu mengatakan TNI berada pada posisi Netral dalam kontestasi politik di negeri ini,” katanya.

Terakhir Julis kembali menegaskan, terkait video ‘Dukungan TNI untuk Anies’, Julius mengatakan diunggah pada 7 Juni. Julis menekankan lagi video tersebut hoaks.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Salahkan Keteledoran Manusia Penyebab Kebocoran Data Terjadi Lagi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi terjadinya kembali fenomena kebocoran data yang kali ini adalah data NPWP Kementerian Keuangan.

DJP Bantah 6 Juta Data NPWP Bocor

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah adanya dugaan kebocoran 6 juta data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru