Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Gak Ribet Lagi, Vaksinasi Booster Kini Bisa Pakai Vaksin Jenis Apapun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah merilis aturan baru terkait pemberian vaksinasi Covid-19, termasuk vaksinasi lanjutan alias booster.

Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril menuturkan bahwa kini pemerintah membebaskan penggunaan vaksin jenis apapun yang telah mendapat EUA (izin penggunaan darurat) dari BPOM untuk vaksinasi booster.

“Masyarakat yang belum melengkapi dosis primer dan booster dapat diberikan vaksinasi Covid-19 dengan menggunakan vaksin yang tersedia yang sudah mendapat EUA (izin penggunaan darurat) dari BPOM,” kata Syahril dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (28/5).

Ketentuan itu sebagaimana tertuang dalam penyesuaian aturan melalui Surat Edaran (SE) Nomor IM.02.04/C/2413/2023 tentang Update Pemberian Vaksinasi Covid-19, tertanggal 22 Mei 2023.

Dalam SE tersebut, dijelaskan bahwa vaksin yang tersedia saat ini adalah vaksin terbaik dan dapat diberikan menggunakan platform vaksin Covid-19 yang telah mendapat EUA atau NIE dari BPOM.

Adapun penyesuaian aturan tersebut, jelas Syahril, dilakukan untuk memastikan tidak ada kenaikan kasus Covid-19 di tengah masa transisi dari pandemi menuju endemi.

“Update kebijakan pemberian vaksinasi Covid-19 didasari pertimbangan data dan situasi epidemiologi kasus Covid-19, serta untuk memastikan Indonesia tidak ada kenaikan gelombang kasus akibat ancaman varian baru dan siap menuju endemi,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru