Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Sempat Skenariokan Angka Penyebaran 70 Ribu Per Hari, Pemerintah Klaim Kondisi Saat Ini Sudah Mulai Membaik

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah menyatakan bahwa kondisi penyebaran Covid-19 di Indonesia saat ini sudah mulai terkendali dam cenderung mengalami penurunan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bahkan mengungkapkan, sebelumnya sudah disiapkan skenario terburuk yang telah disiapkan apabila angka penyebaran terus meroket.

“Skenario kami sebelumnya di pemerintahan penambahan kasus hari yang terburuk itu bisa mencapai Rp70.000 yang pernah disampaikan juga oleh Bapak Menko. Tapi alhamdulilah yang kami lihat sekarang puncaknya itu kena di 57.000, dan kita sudah mulai melihat penurunan. Jadi sekali lagi bapak ibu skenario sebelumnya terburuk yang kami perkirakan 70.000 penambahan kasus per hari, sampai sekarang kita lihat, kita bersyukur bahwa tertingginya terjadi di 57 ribu perhari,” kata Budi, Senin (2/8).

Padahal diakui Budi, pemerintah sebenarnya sudah mengkhawatirkan angka yang ditakutkan itu sebenarnya bisa tercapai. Terelebih dengan program tracing yang sejak beberapa waktu lalu sampai saat ini terus digencarkan oleh pemerintah.

“Itu dengan peningkatan testing yang luar biasa yang tadinya rata-rata kita lakukan 60 70 rib tes, sekarang sudah sampai 200 ribu bahkan untuk testing spesimennya sudah hampir sampai 300.000 per hari,” jelasnya.

Oleh karena itu Budi menambahkan bahwa pemerintah akan terus memasifkan tracing di masyarakat. Taret pun dipasang hingga 300-400 ribu per harinya untuk dilakukan tracing ke masyarakat. Hal tersebut dimaksudkan agar warga yang terkena bisa segera ditangani dengan cepat dan tepat.

Budi kemudian juga mengungkapkan kondisi terkini untuk BOR di pulau Jawa dan Bali pun sudah mulai mengalami penurunan selama rata rata seminggu terakhir. Namun, Budi kembali mengingatkan agar dengan kondisi yang mulai melandai masyarakat mulai kembali terlena.

“Bapak presiden menekankan selain kita bersyukur kita harus tetap waspada. karena memang virus ini juga sulit diduga penyebarannya terjadi dimana-mana seluruh dunia. Tapi balik lagi bapak ibu kita harus tetap waspada hati-hati jangan lengah itu pesan dari bapak presiden,” pesannya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru