Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Catat ! Ini 5 Cara Mudah Atasi Kulit Kaki Kapalan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kapalan atau callus merupakan masalah kulit yang cukup umum terjadi. Kapalan di kaki disebabkan oleh tekanan atau gesekan secara terus-menerus pada area kaki, terutama tumit dan jari kaki. Kondisi ini ditandai dengan kulit mengeras, menebal, serta berstruktur kasar.

Umumnya, kapalan terjadi akibat seseorang menggunakan sepatu dengan ukuran yang lebih kecil. Lama-kelamaan, bagian kaki yang bergesekan akan terasa sakit dan memerah, rasa perih ini diikuti dengan pengerasan serta penebalan kulit. Meskipun timbulnya kapalan mengganggu, nyatanya kapalan memiliki manfaat untuk mencegah kulit terluka mengalami lecet lebih parah karena terus bergesekan.

Simak penjelasan berikut, guna mengetahui bagaimana cara mudah mengatasi kulit kapalan. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com, dari situs resmi Halodoc, Selasa (23/5).

1. Rendam Kaki dengan Air Hangat

Untuk menghilangkan kapalan di kaki yang mengganggu, cara pertama ini sangatlah mudah dan murah. Cukup panaskan air hingga mencapai suhu ruam kuku atau sekitar 40 derajat celcius, kemudian masukkan kaki dan rendam hingga 20 menit. Setelah itu, ambil sebuah batu apung yang permukaannya halus, dan gosokkan pada bagian kulit yang terkena kapalan. Lakukan secara rutin setiap hari, agar kapalan segera mengempis dan hilang.

2. Mengusap bagian Kaki yang Kapalan dengan Buah Nanas

Tak banyak yang menyangka, rupanya buah yang memiliki rasa masam ini memiliki manfaat sebagai obat alami untuk mengatasi kapalan. Hal ini karena, enzim pada buah nanas bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati, serta menyembuhkan luka pada kulit. Bila anda menggunakan nanas untuk mengobati kapalan, gunakanlah nanas yang masih mudah, iris dan usapkan secara perlahan pada kulit yang kapalan.

3. Menggunakan Minyak Jarak sebagai Penyembuh Alternatif

Tidak hanya efektif untuk mengatasi sembelit, minyak kastroli atau minyak jarak juga menjadi solusi tepat untuk meringankan luka akibat kapalan. Selain itu, minyak ini bahkan bisa diminum, untuk penggunaannya sebagai obat kapalan anda cukup menuangkan pada kapas dan menontolkannya perlahan di luka, lalu tempelkan plester.

4. Gunakan Baking Soda

Baking soda atau soda kue memang banyak ditemukan pada adonan roti, namun manfaat yang dimilikinya jauh lebih beragam. Salah satunya yaitu untuk mengobati kapalan, caranya cukup larutkan soda kue di air hangat dan rendam kakimu, lalu gosok dengan batu apung pada area kulit kaki yang kapalan.

5. Dioles dengan Getah Daun Kamboja

Cara terakhir untuk mengatasi kulit kapalan yaitu, dioles menggunakan getah daun kamboja. Hal ini karena, kandungan vitamin E dan emolien di dalamnya baik untuk kulit, caranya cukup ambil daun kamboja yang masih mudah dan ambil getahnya. Kemudian, oleskan pada bagian kulit yang kapalan.

Itulah beberapa cara mengatasi kapalan di kaki, perlu diketahui juga bagi penderita diabetes bila kapalan muncul di kulit tak boleh disepelekan. Pasalnya, proses penyembuhan akan membutuhkan waktu cukup lama bila luka kapalan ini pecah. Apalagi dengan masalah infeksi yang mudah menyerang pengidap diabetes, itu sebabnya berikan perawatan bagi penderita diabetes harus sehati-hati mungkin.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru