HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Komunikasi Internasional diperingati setiap 17 Mei setiap tahun, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya komunikasi dalam menghadapi tantangan dunia di era digital.

Dikutip Holopis.com dari situs PBB, Rabu (17/5), Hari Komunikasi Internasional sudah dirayakan sejak tahun 1969. Hal itu menandai berdirinya International Telecommunication Union (ITU), dan penandatanganan Konvensi Telegraf Internasional pertama pada tahun 1865.

Kemudian pada tahun 1934, ITU mengadopsi nama International Telecommunication Union. Karena tanggung jawabnya yang diperluas atas radio dan telepon.

ITU setuju dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menjadi badan khusus dalam Sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 15 November 1947, yang mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 1949.

ITU adalah badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa yang membidangi hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi. ITU didirikan sebagai International Telegraph Union untuk membantu menghubungkan jaringan telegraf antar negara.

ITU berbasis di Jenewa, Swiss, dan keanggotaan globalnya meliputi 193 negara anggota dan sekitar 900 organisasi, perusahaan, dan universitas internasional dan regional.

Pekerjaannya melibatkan pengalokasian spektrum radio global dan orbit satelit, mengembangkan standar teknis, dan meningkatkan akses ke TIK untuk semua komunitas yang kurang terlayani.

Selain itu, ITU berfungsi untuk radio amatir, astronomi radio, broadband, teknologi nirkabel, dan jaringan generasi mendatang. Hingga kini, ITU berperan dalam peringatan Hari Komunikasi Internasional setiap tahunnya.

Lalu, Majelis Umum PBB mendeklarasikan Hari Masyarakat Informasi Sedunia di tanggal 17 Mei pada bulan Maret 2006.

Kemudian, pada bulan November 2006, Konferensi Yang Berkuasa Penuh ITU atau I.T.U. Plenipotentiary Conference di Antalya, Turki, memutuskan untuk merayakan hari telekomunikasi dan hari masyarakat informasi pada tanggal 17 Mei sebagai Hari Masyarakat Telekomunikasi dan Informasi Dunia.

Tema Hari Komunikasi Internasional 2023

Pada tahun 2023, tema Hari Komunikasi Internasional seperti dikutip Holopis.com dari situs International Telecommunication Union (ITU) yakni ‘Empowering the least developed countries through information and communication technologies‘ atau ‘Memberdayakan negara-negara terbelakang melalui teknologi informasi dan komunikasi’.

Tema ini menyerukan kepada seluruh sektor publik dan swasta terkait program untuk konektivitas universal dan transformasi digital di negara-negara terbelakang melalui Koalisi Digital Partner2Connect.

Selain itu, tema Hari Komunikasi Internasional 2023 juga untuk mendukung program ITU dalam pengembangan komunikasi dan informasi di negara-negara terbelakang atau Least Developed Countries (LDCs).