HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panu merupakan kondisi dimana terjadi warna kontras pada kulit, dalam istilah kedokteran panu disebut dengan Tinea Versicolor. Kondisi ini disebabkan oleh jamur, gejala yang ditimbulkan yaitu munculnya bercak putih pada kulit, serta rasa gatal yang kerap muncul sehingga sering digaruk.

Meski panu selalu identik dengan bercak putih pada kulit, namun warna noda yang terjadi tidak selalu putih. Terkadang panu bisa berwarna coklat, merah, atau bahkan hitam tergantung pada kulit penderitanya.

Adapun jamur yang menyebabkan panu adalah malassezia yang diketahui tidak berbahaya dan umum menyerang kulit manusia.

Panu juga bukanlah penyakit menular, namun bercak pada kulit tersebut dapat meningkat seiring waktu bila terjadi pertumbuhan jamur yang tidak dapat dikontrol. Ketika semakin parah, rasa gatal yang ditimbulkan juga akan semakin parah dan menyebabkan kulit terasa kasar serta bersisik.

Oleh karena itu, simak penjelasan berikut guna mengetahui apa saja penyebab panu dan cara menghilangkannya menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur anda. Seperti yang telah dirangkum Holopis.com dari situs resmi Alodoc, Senin (15/5).

Penyebab Panu :

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, panu disebabkan oleh jamur malassezia yang dapat berkembang menjadi parah pada beberapa orang. Adapun dalam beberapa kasus, kebersihan seseorang berhubungan dengan pertumbuhan jamur tersebut. Penyebabnya sendiri yaitu, keringat berlebihan, kulit yang berminyak, kekebalan tubuh yang rendah, hidup di daerah yang lembab, dan mengalami perubahan hormon.

Umumnya, panu berkembang pada area kulit yang sering berkeringat seperti wajah, leher, dada, ketiak, lengan, punggung, perut, pangkal paha, serta tangan. Meski tidak membahayakan penderitanya, panu yang tumbuh pada daerah tubuh yang dapat dilihat orang dapat menurunkan kepercayaan diri. Selain itu, rasa gatal yang ditimbulkan juga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Obat Alami untuk Menghilangkan Panu :

Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan panu, selain mengkonsumsi obat anti jamur, anda juga dapat menggunakan obat alami untuk menghilangkan panu. Obat-obatan dari bahan alami ini, dapat dengan mudah anda peroleh di rumah saja. Adapun obat-obatan dari bahan alami tersebut yaitu:

1. Bawang Putih

Bahan alami yang satu ini dipastikan selalu ada di dapur, karena selalu menjadi tambahan bumbu untuk memasak. Bawang putih dapat digunakan untuk menghilangkan panu, hal ini karena kandungan allicin didalamnya dapat menjadi zat biologis yang berguna sebagai antibakteri.

Tak hanya itu, bawang putih juga diketahui kaya akan kandungan antioksidan dan baik untuk antibakteri maupun antijamur.

Cara pemakaiannya, potong bawang putih menjadi dua bagian lalu gosokkan pada panu selama 5 menit, lakukan dua kali sehari untuk hasil menghilangkan panu lebih maksimal.

2. Minyak Kelapa

Berikutnya, salah satu pengobatan panu dengan bahan rumah tangga yang efektif adalah minyak kelapa. Hal ini karena, bahan tersebut mengandung asam laurat yang merupakan zat antijamur dan antibakteri.

Selain itu, minyak kelapa juga diketahui dapat menjadi pelembab alami kulit. Anda cukup mencampurkan minyak kelapa dengan kayu manis, lalu oleskan pada bagian kulit yang terserang panu.

3. Lengkuas

Lengkuas merupakan salah satu bahan alami yang dapat diolah menjadi obat menghilangkan panu. Pasalnya, kandungan dari lengkuas yang terdiri dari natrium, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan lainnya diketahui baik bagi kesehatan tubuh. Senyawa dari lengkuas juga dapat menghambat oksida dan produksi lipopolysaccharides.

Untuk menggunakannya, cukup memotong lengkuas tersebut, lalu gosokkan pada panu selama 5 menit, lakukan dua kali sehari untuk hasil maksimal menghilangkan panu.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk membantu hilangkan panu, adapun bahan-bahan tersebut juga mudah ditemukan di rumah saja.