HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hidung meler atau ingusan memang sangat mengganggu, kondisi ini menyebabkan sulit bernafas dengan lega lantaran ingus yang selalu keluar dari hidung anda. Sehingga, anda harus berkali-kali menyekanya dengan tisu atau bolak-balik kamar mandi hanya untuk membersihkannya.

Pada dasarnya ingus atau lendir, memang sudah pasti ada pada saluran pernapasan manusia. Cairan kental ini dihasilkan oleh kelenjar mukosa dan melapisi hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Normalnya, tubuh manusia selalu menghasilkan lendir tersebut setiap hari karena berfungsi menjaga kelembaban hidung, melindungi tubuh dari partikel asing, serta melawan infeksi.

Namun, terkadang produksi ingus atau lendir ini terjadi secara berlebihan atau mungkin berubah warna. Hal inilah yang menyebabkan hidung berair atau dikenal dengan ingusan, penyebabnya sendiri yaitu konsumsi makanan pedas, menangis, alergi, influenza, sinusitis, dan polip hidung.

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi hidung meler agar aktivitas anda tidak terganggu. Dengan menyimak penjelasan berikut, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Hallosehat, Kamis (11/5).

1. Minum Air

Minum air putih tak hanya untuk mencukupi cairan harian, hal ini juga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi meski hidung meler atau ingusan. Pasalnya, cairan yang anda minum dapat membantu mengencerkan lendir agar bisa mengurangi tekanan pada sinus, sehingga iritasi dan peradangan ikut berkurang. Selain itu, anda juga dapat mencukupi cairan dengan minum jus atau makan sup. Perlu diingat, disarankan untuk selalu memilih minuman hangat seperti teh herbal panas, sebab memiliki kandungan dekongestan ringan dan bila dihirup uapnya dapat membantu melegakan hidung anda yang tersumbat oleh ingus.

2. Menghirup Uap

Ketika hidung meler atau ingusan, menghirup uap terbukti membantu mengatasinya. Dilansir dari Journal of Dental and Medical Sciences, menyimpulkan bahwa inhalasi uap cukup efektif untuk pasien flu biasa, sehingga mengurangi waktu pemulihan penyakit dibanding tidak menghirup uap sama sekali. Anda dapat melakukannya dengan menghirup uap dari air hangat, yang diletakan dalam wadah, tak hanya itu anda juga dapat menambahkan beberapa tetesan dekongestan agar uap bekerja lebih baik dalam mengatasi hidung ingusan anda. Selain itu, menggunakan humidifier (alat pelembab udara) dalam kamar juga akan membantu meringankan hidung anda yang meler, dan yang terakhir ada juga mandi dengan air panas. Itu karena, mandi dengan air panas sama efeknya dengan menghirup uap panas, bahkan dapat membantu pernapasan anda kembali normal walau bersifat sementara.

3. Menggunakan Semprotan Garam

Selanjutnya, untuk mengatasi hidung meler anda dapat membuat larutan garam guna meningkatkan kelembaban hidung, serta mengencerkan lendir. Namun, anda perlu saran dan petunjuk dokter untuk membuat semprotan garam ini, karena tidak boleh digunakan lebih dari tiga hari dan digunakan bersamaan dengan obat lainnya. Adapun cara membuat semprotan garam yaitu, campurkan tiga sendok teh garam bebas dioda dan satu sendok teh baking soda, gunakan air matang dan steril, lalu pindahkan larutan pada neti pot. Kemudian, miringkan kepala sedikit ke satu sisi, bagian moncong neti pot ditempatkan di salah satu lubang hidung, dan biarkan larutan garam masuk salah satu dari rongga hidung, serta keluar dari lubang hidung lainnya.