Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ini 4 Manfaat Ikan Tuna bagi Janin, Ibu Hamil Perlu Tahu!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ikan tuna merupakan makanan kaya akan asam lemak omega-3 dan protein yang baik bagi kesehatan janin. Selain itu, ikan laut yang satu ini juga memiliki sejumlah nutrisi lain seperti vitamin D, vitamin B12, dan zat besi yang baik bagi kesehatan janin dalam kandungan.

Banyaknya nutrisi dalam ikan ini, tentu memiliki banyak manfaat juga bagi janin. Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui apa saja manfaat ikan tuna bagi kesehatan janin yang dianjurkan bagi ibu hamil. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com, dari situs resmi Alodokter, Kamis (11/5).

1. Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Manfaat ikan tuna bagi kesehatan janin dalam kandungan yang pertama yaitu, mendukung tumbuh kembangnya hingga ia dilahirkan. Hal ini karena, kandungan vitamin, zat besi, omega-3, dan protein dalam ikan tuna membantu mendukung tumbuh kembang sang janin.

2. Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang

Berikutnya, manfaat ikan tuna bagi kesehatan janin datang dari kandungan vitamin D di dalamnya. Vitamin ini berfungsi untuk, mengoptimalkan pertumbuhan tulang sang janin, selain itu ibu hamil juga turut memperoleh manfaat dari konsumsi ikan tuna. Pasalnya, kandungan vitamin ini dapat membantu mencegah peningkatan tekanan darah yang berakibat komplikasi berupa preeklampsia, pada ibu hamil.

3. Menambah Berat Badan Janin

Tingginya protein dalam ikan tuna, akan sangat diperlukan ibu hamil selama mengandung. Pasalnya, bila kekurangan protein selama masa kehamilan dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran, terhambatnya pertumbuhan janin, hingga bayi dapat terlahir dengan berat badan rendah. Itu sebabnya, bumil disarankan mengkonsumsi ikan tuna guna membantu menambah berat badan si kecil dalam kandungan, serta mencegah resiko terjadinya kondisi seperti yang telah disebutkan.

4. Mendukung Perkembangan Otak dan Saraf Janin

Manfaat ikan tuna untuk janin yang terakhir yaitu, mendukung perkembangan otak dan sarafnya. Hal ini karena, kandungan tinggi omega-3 dalam ikan tuna dapat membantu proses perkembangan otak, mata, dan saraf sang janin dalam kandungan ibu.

Itulah beberapa manfaat baik konsumsi ikan tuna bagi kesehatan sang janin dalam kandungan ibu. Namun, ibu hamil perlu juga mengingat untuk membatasi konsumsi ikan ini selama masa kehamilan. Hal ini karena, ikan tuna mengandung merkuri dalam kadar yang relatif lebih tinggi dibanding ikan lainnya.

Kadar merkuri yang tinggi dalam ikan tuna, dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan sistem saraf janin. Itu sebabnya, ibu hamil hanya diperbolehkan konsumsi ikan tuna sebanyak 2 porsi dalam seminggu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru