HOLOPIS.COM, JAKARTA – Cabang olahraga (cabor) E-Sport Valorant Mixed Team SEA Games 2023, berhasil meraih mendali emas ke-39 untuk Indonesia.

Ada pun masing-masing nama pada tim E-Sport Valorant Mixed Team yang berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 tersebut diantaranya, Delbert Tanoto, Sheldon, Kevin Gunawan, Oliver Budi, Bryan Setiawan, Willy dan Nanda Rizana.

Sebelumnya diketahui bahwa, pencapaian atlet E-Sport Valorant Indonesia untuk bisa meraih medali emas SEA Games 2023 sempat mengalami rintangan.

Pada babak final yang digelar di Naba Theatre, Naga World Entertainment Complex, Phnom Penh, Kamboja pada Rabu (10/5), atlet E-Sport Valorant Indonesia menghadapi Singapura.

Pertandingan digelar dengan format Best of 3, mulanya laga berjalan normal sebagaimana mestinya.

Singapura kemudian memilih Ascent sebagai map pertamanya, dan mereka sukses meraih kemenangan 13-8 atas Indonesia.

Kemudian map kedua bermain di Split, yang notabennya merupakan map pilihan Indonesia. Kejanggalan pun terjadi saat map tersebut.

Indonesia dengan tegas mengajukan Technical Pause saat laga berjalan dengan skor 10-4 dengan keunggulan Singapura, karena atlet Tanah Air mencium aroma kecurangan ketika itu.

Ada pun dugaan kecurangan yang diajukan Indonesia terhadap Singapura yakni mengenai bug abuse, atau biasa disebut memanfaatkan bug, dimana bug tersebut merupakan fitur kamera yang menguntungkan Singapura dalam melihat posisi permainan Indonesia.

Bug abuse sendiri sejatinya merupakan fitur game yang disediakan untuk para penonton dalam live stream. Bahkan, dugaan kecurangan Singapura juga mendapat protes banyak viewers dalam streaming.

Laga final kemudian dihentikan sementara sambil mendapatkan jawaban banding atas insiden tersebut.

Akhirnya diputuskan bahwa atlet E-sport Valorant Tanah Air berhak meraih medali emas yang ke-39 untuk Indonesia.