Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Catat! Ini 3 Tips Atasi Telapak Kaki yang Kasar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gangguan kulit telapak kaki yang kasar, sering dialami oleh banyak orang. Umumnya, hal ini disebabkan oleh kondisi kulit bagian telapak kaki kering sehingga lebih mudah terkelupas dan menyebabkan telapak kaki kasar.

Perlu diingat, jangan mengabaikan masalah ini karena selain membuat tak nyaman saat beraktivitas, hal ini juga dapat menyebabkan telapak kaki kasar dan menebal, serta memicu munculnya kalus.

Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui cara mengatasi telapak kaki yang kasar, seperti yang telah dirangkum Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Jumat (5/5).

1. Gunakan Pelembab Kaki

Cara pertama yang diyakini efektif atasi kulit kaki kasar yaitu, dengan menggunakan pelembab kaki. Gunakanlah pelembab kaki yang memiliki kandungan tepat, agar telapak kaki yang kasar dapat segera membaik. Anda dapat memperolehnya, dengan membeli pelembab kaki yang dijual bebas di toko kesehatan maupun apotek.

Adapun untuk cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan pelembab tersebut ke kaki setiap akan beraktivitas guna meningkatkan kelembapan kaki anda, serta pastikan untuk selalu menggunakan alas kaki yang nyaman saat beraktivitas.

2. Eksfoliasi Kulit Kaki dan Rendam

Selanjutnya, cara untuk menghindari telapak kaki kasar adalah dengan merendam dan mengeksfoliasi kulit kaki. Lakukanlah beberapa langka seperti, rendam kaki menggunakan air hangat selama 20 menit, setelah 20 menit direndam kulit kaki akan menjadi lembab sehingga anda lebih mudah melakukan eksfoliasi.

Perlu diingat, untuk tidak melakukan eksfoliasi ketika kaki dalam kondisi kering, karena justru dapat memperburuk kondisi kulit kaki anda. Kemudian gunakan loofah, scrub eksfoliasi, atau batu apung untuk menggosok telapak kaki yang kasar dan lakukan dengan lembut dan perlahan. Setelah itu, keringkan kaki dan berikan pelembab kaki pada bagian yang terasa kasar.

3. Menggunakan Masker Alami pada Kaki

Tak hanya tubuh yang wajah dan tubuh yang memerlukan perawatan alami di rumah untuk menjaga kesehatan kulit, anda juga perlu melakukan perawatan alami bagi kesehatan kulit kaki, khususnya telapak kaki.

Anda dapat mencoba membuat masker alami, menggunakan beberapa bahan yang mudah ditemui seperti pisang, alpukat, minyak kelapa, dan madu. Terdapat banyak manfaat dan khasiat untuk menjaga kelembaban kulit, dalam bahan-bahan tersebut.

Caranya, haluskan beberapa bahan tersebut dan balurkan pada area kaki selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih dan gunakan alas kaki ketika beraktivitas agar kaki tetap lembut dan halus.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi telapak kaki kasar, yang dapat anda coba dari rumah saja. Namun perlu diingat, jangan mengatasi secara mandiri telapak kaki yang kasar bila disebabkan oleh gangguan kesehatan pada kulit seperti infeksi jamur, psoriasis, atau atopik dermatitis.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru