Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Catat! Ini Tips Jitu Hilangkan Bau di Lubang Anting Telinga

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menggunakan anting memang dapat menunjang penampilan seseorang, sayangnya kebiasaan ini dapat menyebabkan lubang anting mengeluarkan bau tak sedap. Hal ini terjadi ketika, pemakai anting tidak memperhatikan kebersihan dan perawatan sekitar area telinga.

Maka anda perlu untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi bau yang muncul pada lubang anting tersebut, dengan menyimak penjelasan berikut ini seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Kamis (4/5).

1. Bersihkan Anting
Cuci anting hingga bersih, lakukan beberapa kali dalam seminggu. Gunakan air dan sabun berbahan lembut, namun bila tidak ada sabun tersebut anda dapat menggunakan air garam untuk mencuci anting. Keringkan dengan kain atau tisu bersih, hal ini bertujuan agar anting tetap steril dan terhindar dari kuman penyebab bau tak sedap.

2. Lepas Anting saat Mandi
Penggunaan anting saat mandi justru membuat sisa busa sabun dan shampo terjebak di area tindikan, maka penting untuk menanggalkan anting sebelum mandi guna menghindari munculnya bau tak sedap pada lobang tindikan.

3. Lepas Anting saat hendak Berolahraga
Keringat, minyak, dan sel kulit mati dapat menempel dan menumpuk di area tindikan ketika berolahraga. Maka, usahakan untuk selalu melepas anting sebelum berolahraga, tujuannya agar mencegah bau tak sedap pada tindikan. Namun, bila lupa mencopot anting segera lap belakang telinga khususnya area bertindik, menggunakan tisu bersih agar kotoran tidak menumpuk disana.

4. Bersihkan Belakang Telinga
Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan belakang telinga setiap kali mandi, dan jangan lewatkan area belakang telinga. Gosok secara perlahan agar sel-sel kulit mati dan kotoran lainnya ikut terangkat, kemudian lap menggunakan handuk hingga kering agar tidak lembab.

5. Konsultasikan ke Dokter
Bila memang muncul tanda-tanda selain bau seperti gatal, kemerahan, dan perih ada baiknya anda langsung berkonsultasi dengan dokter. Biasanya, anda akan diminta untuk tidak menggunakan anting sementara waktu dan diresepkan salep antibakteri serta antiinflamasi.

Itulah beberapa cara atasi bau tak sedap yang muncul dari lubang tindikan anting yang dapat anda lakukan. Jika bau tidak sedap dari lubang anting sulit hilang, lakukanlah secara rutin tips di yang telah dijabarkan dan ingat untuk selalu menjaga kebersihan area telinga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru