HOLOPIS.COM, JAKARTA – Semua orang pastinya menginginkan gigi yang bersih dan putih alami, agar tampil lebih percaya diri. Ada beragam cara yang dapat anda lakukan atau gunakan sebagai pemutih gigi alami, mulai dari menggunakan bahan alami hingga membersihkan gigi secara rutin.

Adapun, beberapa faktor yang menyebabkan gigi tampak kuning dan kusam, seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan ataupun minuman tertentu, kurang menjaga kebersihan gigi dengan baik, atau bahkan menipisnya enamel gigi seiring bertambahnya usia. Warna gigi kusam tentu saja dapat mengganggu penampilan seseorang, namun tak perlu khawatir ada berbagai pemutih gigi alami yang dapat anda coba.

Simak penjelasan berikut ini, seperti yang rangkumkan Holopis.com melalui situs resmi Alodokter, Rabu (3/5).

1. Mengkonsumsi Buah yang Mengandung Banyak Air
Konsumsi buah baik bagi kesehatan tubuh dan tak dapat diragukan lagi manfaatnya, oleh karena itu konsumsi buah juga baik bagi gigi. Ada beberapa buah tertentu yang dinilai berkhasiat memutihkan gigi, yaitu yang mengandung asam malat dan tinggi air.

Pasalnya, kedua kandungan ini berperan menurunkan keasaman mulut, menghilangkan plak, dan menjaga gigi tetap cerah. Buah-buah tersebut yaitu, stroberi, apel, nanas, dan semangka, anda dapat mengkonsumsinya dengan rutin agar gigi anda tetap sehat dan tetap cerah.

2. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Gigi
Membersihkan gigi secara rutin dan teratur, merupakan hal krusial yang harus anda lakukan bila menginginkan gigi yang tampak cerah.

Hal-hal yang perlu anda terapkan untuk menjaga kesehatan gigi yaitu, sikat gigi minimal 2 kali sehari agar gigi tetap bersih dan putih, batasi minuman yang bersifat asam dan berwarna pekat seperti, kopi, soda, teh, dan anggur merah.

Adapun, anda harus tetap membatasi asupan gula berlebih seperti, sirup, permen, dan kue guna mencegah pertumbuhan bakteri penyebab plak dan pengikisan enamel gigi.

Kemudian, konsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, keju, yoghurt, dan brokoli agar gigi lebih kuat. Langkah terakhir menjaga kesehatan gigi dan menjaganya tetap tampak putih yaitu, hentikan kebiasaan merokok, hal ini karena merokok dapat menyebabkan perubahan warna gigi.

Namun, bila anda terpaksa ingin mengkonsumsi makanan atau minuman manis dan berwarna pekat seperti yang telah disebutkan, pastikan untuk selalu berkumur atau minum air putih setelahnya guna mencegah terbentuknya noda pada gigi.

3. Menggunakan Bahan Alami sebagai Pemutih Gigi
Tips mencerahkan gigi secara alami yang terakhir yaitu, dengan menggunakan beberapa bahan alami. Misalnya, minyak kelapa dan baking soda atau soda kue.

Minyak kelapa, diketahui dapat meningkatkan kebersihan mulut serta mengurangi bakteri penyebab plak dan gigi kuning. Manfaat tersebut berasal dari kandungan asam laurat di dalamnya, anda cukup berkumur menggunakan minyak kelapa selama 10 menit, kemudian dikeluarkan dan berkumur dengan air putih.

Apabila langkah ini dilakukan sehari sekali, gigi akan tampak lebih putih dan cerah. Adapun, baking soda juga dapat digunakan sebagai bahan alami pencerah gigi, pasalnya baking soda diketahui dapat menghilangkan noda dan plak di permukaan gigi, serta mencegah pertumbuhan bakteri. Anda hanya perlu mencampur 1 sendok teh baking soda atau soda kue dengan 2 sendok teh air, lalu aduk hingga teksturnya seperti pasta, kemudian gosok gigi menggunakan pasta tersebut dan berkumur dengan air bersih.

Itulah beberapa cara alami memutihkan serta mencerahkan gigi yang dapat anda lakukan, meski bahan-bahan tersebut diduga efektif dalam memutihkan gigi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait keamanan dan efektivitasnya.

Perlu diingat juga, sebaiknya jangan terlalu berlebihan menggunakan bahan-bahan tersebut sampai lupa menggosok gigi dengan pasta gigi biasa, oleh karena itu gunakan dengan bijak dan tetap menggosok gigi secara teratur.