Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Pengendara Motor di Wonosobo Tewas Tertimbun Longsor

HOLOPIS.COM, WONOSOBO – Bencana longsor melanda sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, akibat longsor yang terjadi di wilayah Gubernur Ganjar Pranowo tersebut menyebabkan satu orang meninggal dunia.

“Satu orang pengendara motor yang juga warga desa setempat tersebut meninggal akibat tertimbun longsor,” kata Abdul dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (30/4).

Korban meninggal diketahui merupakan warga dari Desa Derongisor, Kecamatan Mojo Tengah.

“Korban langsung dievakuasi saat itu juga setelah terjadi longsor,” imbuhnya.

Selain korban meninggal, sebanyak 2 warga lainnya mengalami luka ringan dan telah mendapatkan perawatan medis di rumah sakit umum daerah.

Tanah longsor di kawasan itu juga merusak dua rumah warga hingga rusak berat. Tercatat sebanyak 2 KK atau 6 jiwa terdampak dan mengungsi ke tempat kerabat.

“Dua KK mengungsi ke rumah kerabat karena rumahnya rusak berat,” ujarnya.

Pemerintah daerah setempat juga mengerahkan alat berat untuk membantu jalan kabupaten yang tertutup material longsor.

Abdul juga mengungkapkan, kajian dari Badan Geologi di April ini, Kecamatan Mojo Tengah termasuk wilayah dengan potensi gerakan tanah dengan kategori menengah hingga tinggi.

Pada analisis inaRISK, kecamatan ini termasuk 15 kecamatan di Kabupaten Wonosobo dengan potensi bahaya tanah longsor dengan kategori sedang hingga tinggi.

“BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga selalu waspada terhadap potensi bahaya hidrometeorologi basah, seperti banjir, tanah longsor maupun angin kencang,” imbaunya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru