HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selain menghabiskan waktu untuk mengobrol dan temu kangen dengan keluarga di saat lebaran, hari penuh kemenangan ini juga bisa dihabiskan dengan nonton bersama sanak saudara di ruang TV.

Apalagi biasanya, sanak saudara sudah berkumpul di ruang keluarga sambil menyantap ketupat yang disediakan.

Saat lebaran, paling afdol menonton film-film yang identik dengan Hari Raya, atau film yang mengajarkan kita kebaikan serta menyentuh hati.

Ini dia beberapa rekomendasi film yang bisa ditonton bersama keluarga saat lebaran.

1. My Name Is Khan

My Name Is Khan
Film My Name Is Khan [Foto: Ist]

Bukan sembarang film Hollywood yang penuh musik, My Name Is Khan adalah salah satu film paling ikonik dan mendobrak pandangan orang terhadap Islam yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Kajol.

Film ini menceritakan seorang pria India autis bernama Rizwan Khan, seorang muslim yang tinggal di AS.

Ia pun menikah dengan Mandira, wanita India di Amerika Serikat yang sudah memiliki anak. Namun karena tragedy 9/11 Amerika, keluarga baru Khan menghadapi masalah Islamophobia di AS.

2. Ayat-Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta
Fil, Ayat-Ayat Cinta [Foto: Ist]

Siapa yang belum pernah menonton film ikonik Indonesia ini. Diangkat dari novel populer karya Habiburrahman El Shirazy, film ini menceritakan Fahri (Fedi Nuril) seroang pria Indonesia yang sedang menimba ilmu di Kairo, Mesir.

Di sana ia bertemu dengan seorang wanita bernama Aisha (Rianti Cartwright) dan menikah dengannya.

Namun, kisah cinta Fahri menjadi runyam ketika terungkap rahasia bahwa teman dekat dan tetangganya Maria (Carissa Putri) jatuh cinta dengannya.

3. Children of Heaven

Children of Heaven
Film Iran, Children of Heaven [Foto: Ist]

Sobat Holopis pasti pernah menonton film ini di televisi nasional setiap Lebaran. Film asal Iran ini menceritakan seorang anak laki-laki bernama Ali (Amir Farrokh Hashemian) dan adiknya, Zahra (Bahare Seddiqi).

Terlahir kurang beruntung dalam keluarga yang miskin, Ali ingin membelikan adiknya sepasang sepatu.

Ia pun mengikuti lomba lari yang juara duanya berhadiahkan sepatu. Setelah berusaha keras, Ali malah mendapatkan hasil yang di luar dugaan.

4. Ketika Cinta Bertasbih

Ketika Cinta Bertasbih
Film Ketika Cinta Bertasbih [Foto: Ist]

Ini juga merupakan film Islami yang ikonik di Indonesia. Juga diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy, film ini menceritakan sosok Azzam (Kholidi Asadil Alam) yang memiliki rasa kepada Eliana (Alice Norin).

Namun semua menjadi rumit saat ia bertemu Anna (Oki Setiana Dewi) dan ingin melamarnya. Kisah cinta ini lebih rumit dibandingkan Ayat-Ayat Cinta, namun tak kalah menarik untuk ditonton.

Sobat Holopis, pilih film yang mana nih untuk ditonton bersama keluarga?