Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Habib Rizieq Ajak Jamaah FPI Ikuti Keputusan Pemerintah soal 1 Syawal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Imam Besar Front Persaudaraan Islam (FPI), Habib Muhammad Rizieq bin Husein bin Shihab mengajak semua umat Islam khususnya jamaah FPI untuk menjaga ukhuwah islamiyah dalam persoalan perbedaan pandangan tentang penetapan 1 Syawal 1444 Hijriyah.

“Habib Rizieq lebarannya hari Jumat, (saya katakan) belum ada putusan. Putusannya tergantung rukyah besok (hari ini -red),” kata Habib Rizieq saat mengisi tausiyah di Petamburan, Jakarta Pusat, Rabu (19/4) seperti dikutip Holopis.com.

Persoalan perbedaan penetapan 1 Syawal masih dalam konteks perbedaan pengambilan hukum saja. Bagi mereka yang menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriyah tiba pada hari Jumat, 21 April 2023 seperti Muhammadiyah, mereka menggunakan perhitungan kalender bulan atau hisab.

Tentang hal itu, ia pun mengajak para jamaah dan umat Islam tidak memperdebatkannya. Sebab, hukum yang digunakan Muhammadiyah dan beberapa kalangan pengguna perhitungan tanggal juga dibenarkan dalam Islam.

“Jadi baik itu yang pakai ilmu hisab untuk wujudul hilal maupun ilmu hisab dengan kriteria derajat, mereka semua berhak (mengamalkan ilmunya),” ujarnya.

Namun secara pribadi, ia lebih memilih untuk mengajak umat Islam secara luas mengikuti pengumuman hasil rukyatul hilal dari pemerintah dengan kriteria hisab dengan melihat bulan secara langsung melalui mekanisme perhitungan derajat ketinggian bulan.

Persoalan pro kontra sikap politik dengan pemerintah tidak patut diperdebatkan jika berkaitan dengan persoalan amaliyah dalam beragama. Sebab kata dia, pemerintah adalah sebuah institusi yang memiliki kewajiban untuk mengumumkan 1 Ramadan maupun 1 Syawal.

“Bagi umat masyarakat luas ikuti saja pengumuman pemerintah,” tegasnya.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar rukyatul hilal dan sidang Isbat untuk menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriyah.

Sidang Isbat yang digelar pemerintah akan dilaksanakan pada hari Kamis (20/4) pukul 19.00 WIB. Di sana, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan mengumumkan hasil rukyatul hilal kepada masyarakat, apakah 1 Syawal 1444 Hijriyah atau Hari Raya Idul Fitri Lebaran 2023 akan tiba pada hari Jumat (21/4) atau hari Sabtu (22/4).

Agenda Sibat Isbat akan disiarkan langsung dan bisa ditonton oleh masyarakat luas ;

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru