Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tips Atasi Ketombe dengan Bahan Alami, Nomer 3 Ada di Dapur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tak ada seorang pun yang ingin rambutnya berketombe, karena hal ini tentunya akan sangat mengganggu. Bagaimana tidak, selain rasa gatal ketombe juga kadang rontok ke baju membuat seseorang menjadi malu dan tidak percaya diri.

Munculnya ketombe, disebabkan oleh produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Adapun, kurang memperhatikan kebersihan rambut, perubahan hormon, infeksi dari jamur, psoriasis, atau bahkan sensitif dengan kandungan tertentu pada shampo dan dermatitis seboroik juga menjadi penyebab ketombe.

Simak penjelasan berikut ini, agar mengetahui bahan alami apa saja yang dapat membantu hilangkan ketombe. Seperti yang telah dikutip Holopis.com, dari situs resmi Kementrian Kesehatan RI, Rabu (19/4).

1. Jeruk Nipis
Sifat asam dan kandungan antioksidan dalam jeruk dikenal mampu menghambat perkembangan salah satu jenis jamur penyebab ketombe, yaitu malassezia furfur. Cara penggunaannya sendiri cukup mudah, oleskan perasan jeruk nipis ke permukaan kulit kepala, kemudian diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk dapat meresap sempurna hingga dalam kulit kepala dan folikel rambut. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan dilanjutkan dengan keramas menggunakan shampo guna atasi ketombe, anda dapat melakukannya secara rutin sampai keluhan berkurang bahkan menghilang.

2. Baking Soda atau Soda Kue
Zat eksfolian yang terkandung dalam baking soda diyakini mampu mengangkat minyak dan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Selain itu, soda kue juga memiliki zat anti jamur yang dapat melawan jamur penyebab ketombe muncul. Namun, perlu diingat bahwa penggunaannya tidak disarankan terlalu banyak, karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan membuatnya menjadi kering serta iritasi. Tak hanya itu, soda kue juga memiliki kadar pH yang tinggi yang rentan merusak kulit kepala bila terlalu sering digunakan. Untuk penggunaan baking soda sebagai penghilang ketombe, basahi rambut terlebih dahulu dengan air, lalu diamkan selama 2 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Anda dapat melakukannya sebanyak 2 kali dalam seminggu, guna menghilangkan ketombe yang mengganggu.

3. Garam
Penggunaan garam sebagai penghilang ketombe, juga efektif. Tekstur garam yang identik dengan scrub, dapat diandalkan untuk menggosok ketombe pada permukaan kulit kepala tanpa merusak ataupun melukai kulit kepala anda. Cara menggunakannya, cukup ambil sejumput garam lalu taburkan pada area kulit kepala yang bermasalah, kemudian gosok secara perlahan dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas menggunakan shampo hingga bersih.

4. Minyak Kelapa
Sifat antimikroba dalam minyak kelapa mampu mengusir jamur penyebab infeksi. Cukup menggunakan 2 sendok makan minyak kelapa pada kulit kepala, dan kemudian pijat secara perlahan dan diamkan selama satu jam sebelum dibilas dengan shampo. Setelah itu, pastikan rambut anda dibilas dengan bersih dan tidak ada minyak tersisa di kulit kepala karena berisiko menyumbat pori-pori.

5. Lidah Buaya
Kandungan zat aktif antibakteri dan antijamur dalam lidah buaya, dapat membantu atasi ketombe. Selain itu, penggunaan lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan serta mampu mengendalikan infeksi penyebab rambut rontok. Cara menggunakannya yaitu, oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala anda yang berketombe.

Itulah beberapa bahan alami dan mudah ditemui disekitar anda, yang dapat membantu atasi masalah ketombe membandel. Agar anda kembali percaya diri, dan bebas dari rasa gatal yang ditimbulkan ketombe pada kulit kepala.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru