Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tips Atasi Pegal Selama Perjalanan Mudik Lebaran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jelang hari raya, mudik merupakan hal yang paling dinanti-nantikan banyak orang. Agar dapat berkumpul dengan sanak saudara tercinta di kampung halaman dan merayakan Lebaran bersama.

Jarak tempuh yang jauh belum ditambah lagi dengan kemacetan panjang hingga belasan jam, tak heran jika masalah yang paling sering dikeluhkan para pemudik yaitu nyeri dan pegal akibat terlalu lama berkendara. Maka, ketahuilah tips agar terhindar dari hal-hal tersebut agar mudik anda nyaman serta aman.

Simak penjelasan berikut ini, seperti yang telah dikutip Holopis.com melalui situs resmi Halodoc, Rabu (19/4).

1. Mencari Posisi Duduk Senyaman Mungkin
Melakukan perjalanan yang panjang dan jauh, ditambah lagi dengan berbagai kendala kemacetan ada baiknya untuk mencari posisi duduk senyaman mungkin. Anda dapat melakukannya dengan mengatur sandaran pada bangku mobil sesuai dengan kenyamanan pinggang. Perlu diingat juga bahwa, hindari menyimpan dompet, ponsel, maupun barang yang lainnya di saku celana belakang. Pasalnya, hal ini dapat membuat posisi tulang belakang menjadi tak sejajar.

2. Tambahkan Bantal
Ketika menyiapkan barang yang akan dibawa saat mudik, usahakan untuk membawa bantal kecil. Tentunya anda dapat meletakkan bantal tersebut di belakang punggung bagian bawah, adapun bantal leher juga disarankan agar dibawa saat hendak melakukan perjalanan jauh seperti mudik. Dengan penggunaannya, dapat mencegah bagian leher hingga bahu dari rasa nyeri serta berguna digunakan saat tidur dalam perjalanan mudik anda.

3. Mencari Hiburan Selama Perjalanan
Perlu diketahui, mengisi waktu perjalanan dengan kegiatan-kegiatan seperti baca buku, menonton film, mendengarkan musik, hingga bermain game di smartphone tak hanya dapat mengusir rasa bosan anda selama menempuh perjalanan. Namun, beberapa kegiatan tersebut juga dapat mengalihkan perhatian anda dari rasa pegal maupun nyeri di sekujur tubuh anda, hal ini akan membuat rasa sedikit lebih nyaman selama mudik. Bila anda yang mengemudikan kendaraan, pasanglah musik kesukaan anda atau juga ngobrol dengan penumpang di samping agar terhindar dari rasa nyeri dan pegal selama menempuh perjalanan.

4. Peregangan
Perjalanan yang jauh dengan jarak tempuh berjam-jam, ditambah lagi dengan posisi duduk yang sama dapat menyebabkan tubuh kaku. Maka, penting untuk melakukan peregangan setidaknya 60 sampai 90 menit sekali selama mudik. Tak perlu dilakukan dengan gerakan yang rumit, cukup gerakan kepala ke kiri dan ke kanan, kemudian menekuk siku kanan ke arah kiri belakang dan tahan selama beberapa menit, begitupun sebaliknya lalu regangkan kaki untuk mencegah badan terasa pegal-pegal. Namun, bila anda melakukan perjalanan mudik dengan kereta lakukanlah peregangan sambil jalan-jalan di lorong kereta, dan jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil anda dapat berhenti sejenak di rest area, dan keluarga dari mobil guna menghirup udara segar.

Itulah beberapa tips yang dapat kami jabarkan, agar mudik anda terhindar dari lelah dan nyeri.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru