Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mahfud MD Harap Korps Adhyaksa Bebas Intervensi Politik dan Kolutif

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memberi ucapan selamat Hari Kejaksaan atau Hari Bhakti Adhyaksa yang jatuh setiap tanggal 22 Juli. Ini merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kejaksaan yang ke-61.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh Korps Adhyaksa,” ungkap Mahfud MD dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (22/7).

Mahfud mengapresiasi, belakangan ini ada kemajuan di Kejaksaan. Institusi ini semakin adaptif terhadap kontrol masyarakat dan sudah lebih berani. Gangguan politik, sebut Mahfud, tentu tak bisa dihindari. Namun harus dihadapi.

Dikatakannya, Jaksa nakal tentu masih ada di sana sini. Seperti halnya di institusi lain selalu ada yang nakal. Tetapi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini melihat, tindakan disiplin dan penegakan hukum terhadap yang nakal, sudah dilakukan secara transparan.

Ditambahkan Mahfud, merit sistem sudah mulai membaik di Korps Adhyaksa. Promosi dan mutasi dikendalikan dengan sistem teknologi informasi yang dapat dan mudah diawasi oleh masyarakat dengan lebih transparan.

“Saya pernah mendapat keluhan dari beberapa yang lolos asesmen tapi tidak ditempatkan sesuai dengan hasil asesmen. Itu biasa, ada yang tak puas dan ada yang puas. Yang penting lembaga kokoh, pagar harus rapat, sehingga yang bisa menerobos bisa sangat terbatas,” imbaunya.

Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur ini pun menyarankan, Korps Adhyaksa memperkuat pembinaan moral warga kejaksaan.

“Agar antar sesama Adhyaksa tidak saling sikut. Jaga para personel agar steril dari intervensi politik dan kolutif,” pesan Mahfud MD.

Diketahui, setiap 22 Juli, Kejaksaan RI memperingati Hari Kejaksaan atau Hari Bhakti Adhyaksa. Tahun 2021 ini, Hari Kejaksaan jatuh pada Kamis, 22 Juli 2021 merupakan perayaan ke-61, dengan mengambil tema Berkarya untuk Bangsa.

Penetapan Hari Bhakti Adhyaksa dilatarbelakangi oleh berdirinya Kejaksaan RI pada 22 Juli tahun 1960, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 204 Tahun 1960. (MIB)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru