Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Putusan Banding Penundaan Pemilu 2024 Dibacakan Besok

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengadilan Tinggi DKI Jakarta telah merampungkan gugatan banding yang diajukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Humas PT Jakarta, Binsar Pamopo Pakpahan mengatakan, memori banding atas putusan yang memenangkan Partai Prima di tingkat PN Jakarta Pusat itu bakal diputuskan pada esok hari.

“Sedang dipersiapkan untuk sidang pembacaan putusannya pada hari Selasa tanggal 11 April 2023,” kata Binsar dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (10/4).

Binsar mengungkapkan, majelis hakim banding untuk perkara tersebut terdiri dari tiga orang yakni Sugeng Riyono, Subachran Hardi Mulyono dan Haris Munandar.

Sebelumnya diberitakan, PN Jakarta Pusat mengadili perkara dari gugatan yang diajukan Partai Prima pada 8 Desember 2022. Gugatan tersebut diajukan, karena Partai Prima merasa dirugikan oleh KPU dalam melakukan verifikasi administrasi partai politik.

Hakim pun akhirnya memutuskan, mengabulkan gugatan Partai Prima seluruhnya, dan memerintahkan KPU untuk tidak melaksanakan sisa tahapan Pemilihan Umum 2024.

“Menghukum Tergugat untuk tidak melaksanakan sisa tahapan Pemilihan Umum 2024 sejak putusan ini diucapkan dan melaksanakan tahapan Pemilihan Umum dari awal selama lebih kurang 2 (dua ) tahun 4 (empat) bulan 7 (tujuh) hari,” demikian bunyi salinan putusan poin kelima.

Atas putusan tersebut, KPU lantas mengajukan upaya hukum lanjutan dengan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Puji Kekompakan TNI Polri Sukses Selamatkan Pilot Susi Air

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa syukur atas suksesnya misi penyelamatan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens dari sanderaan KKB Papua.

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru