HOLOPIS.COM, SULTENG – Bencana banjir melanda pemukiman warga yang berada setidaknya dua desa di wilayah Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, bencana banjir disebabkan hujan dengan intensitas tinggi.

“Ada dua desa terdampak yaitu Desa Tompira dan Desa Bunta di wilayah Kecamatan Petasia Barat. Banjir berdampak pada 1.957 kepala keluarga yang tinggal di dua desa tersebut,” kata Abdul dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (8/4).

Selain itu, sebanyak 1.957 unit rumah warga terendam dengan ketinggian muka air bervariasi antara 35 hingga 90 centimeter. Beruntung belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun warga mengungsi akibat kejadian ini.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Sulawesi Tengah pada Sabtu (8/4) dan Minggu (9/4) akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Cuaca yang disertai petir dan angin kencang pada siang dan malam hari itu diperkirakan bakal terjadi di wilayah Kota Palu, Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

“BNPB mengimbau kepada seluruh pihak di daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan menghadapi bencana banjir,” imbaunya.