Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ketahui 8 Obat Radang Tenggorokan Alami, Simak Penjelasannya…

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang mengganggu, sehingga tak ada yang ingin terkena radang tenggorokan. Namun, bila anda terlanjur radang tenggorokan, jangan khawatir karena penyakit tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara alami.

Simak penjelasan berikut, guna mengetahui apa saja yang dapat membantu anda meredakan radang tenggorokan secara alami sebagai alternatif, seperti yang dikutip Holopis.com dari situs resmi RS Siloam, pada Rabu (5/4).

1. Bawang Putih
Ketahuilah, bahwa bawang putih rupanya memiliki kemampuan untuk mengatasi nyeri pada radang tenggorokan. Senyawa allicin yang bersifat antimikroba dalam bawang putih, mampu mengatasi radang tenggorokan karena infeksi bakteri. Cara penggunaannya, anda dapat langsung mengunyah bawang putih sebagai obat nyeri pada radang tenggorokan.

2. Teh Jahe
Kandungan gingerol yang bersifat anti-inflamasi serta analgesik, yang terkandung dalam teh jahe dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat radang tenggorokan. Minumlah, dalam kondisi yang masih hangat agar melegakan radang tenggorokan dengan lebih optimal.

3. Sari Akar Licorice
Akar manis atau licorice, adalah salah satu jenis tanaman herbal dengan beragam manfaat. Adapun, akar manis juga dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan alami. Pasalnya, ketika meminumnya dapat membantu encerkan sekresi lendir sehingga tenggorokan terasa lebih lega. Tak hanya itu, licorice juga dapat membantu kurangi peradangan pada tenggorokan.

4. Cuka Sari Apel
Senyawa antimikroba dalam cuka sari apel, dapat membantu meredakan sakit yang timbul akibat radang tenggorokan. Penggunaannya, anda dapat melarutkan 1 sampai 2 sendok makan cuka sari apel dalam segelas air, dan berkumur dengan larutan tersebut setiap 3 sampai 4 jam sekali, secara rutin.

5. Kunyit
Kandungan senyawa yang bersifat antibakteri dalam kunyit, membuatnya menjadi obat radang tenggorokan secara alami. Anda cukup menumbuk, lalu merebus 1 ruas kunyit dalam air guna mendapatkan sarinya. Minumlah, ramuan herbal tersebut satu kali dalam sehari, adapun anda dapat mendapatkan campuran madu serta perasan air lemon agar hasilnya lebih optimal dalam penyembuhan.

6. Air Lemon
Kaya akan vitamin C, membuat air lemon dapat membantu anda menyembuhkan radang tenggorokan. Vitamin C, dalam air lemon berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh serta mempercepat pemulihan radang tenggorokan. Tak hanya itu, perasan air lemon juga mengandung senyawa astringent, yang mampu meredakan pembekakan pada tenggorokan.

7. Air Garam
Bersifat antiseptik, air garam dapat memperlambat dan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain itu, penggunaan air garam juga dapat mencairkan lendir yang menumpuk karena hidung tersumbat atau pun dahak yang dapat membuat radang tenggorokan semakin sakit. Larutkan satu sendok teh garam beryodium, pada segelas air hangat lalu kemudian berkumur selama 30 detik. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali, setiap harinya hingga radang tenggorokan pulih.

8. Madu
Madu merupakan bahan alami terakhir yang dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan. Memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi membuat madu merupakan pilihan efektif untuk mengobati radang tenggorokan. Anda dapat mengkonsumsi madu secara langsung, atau dengan mencampurkannya dalam teh dan minuman sehat lainnya.

Perlu diingat bahwa penggunaan obat alami bila penderita memiliki gejala yang tidak parah, bila mengalami radang tenggorokan dengan gejala yang parah segera kunjungi dokter, guna penanganan yang tepat. Itulah beberapa, bahan alami sebagai obat radang tenggorokan yang dapat anda buat dari rumah saja.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru