HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tidak hanya dengan mengatur pola makan dan waktu tidur, saat berpuasa di bulan Ramadan anda juga dapat menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga secara rutin. Agar energi anda tidak banyak terkuras berolahraga saat puasa, anda dapat melakukannya dengan yoga.

Yoga merupakan olahraga tubuh dan otak, yang mengkombinasikan pergerakan, postur, teknik pernafasan, dan meditasi. Olahraga ini sesuai untuk anda lakukan, ketika berpuasa selain itu terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh dari yoga. Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui manfaat yoga di kala puasa. Seperti dikutip Holopis.com, dari situs resmi Halodoc, pada Rabu (5/4).

1. Mempercepat Keluarnya Toksin dari Tubuh
Dengan melakukan peregangan tubuh ringan, dapat mempercepat proses pembersihan zat berbahaya dalam tubuh. Saat yoga, tubuh akan mengeluarkan keringat, bernapas lebih cepat, dan sirkulasi darah jauh lebih lancar. Sehingga, membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh anda. Hal ini juga dapat, meminimalisir terjadinya penyakit atau pun keluhan kesehatan seperti flu maupun migraine.

2. Tingkatkan Ketenangan Pikiran
Ketika yoga, tujuan utamanya adalah memfokuskan pikiran pada tubuh serta mengambil kontrol tubuh sepenuhnya. Oleh karena itu, saat yoga usahakan untuk membuang jauh-jauh pikiran atau kekhawatiran yang sedang dirasakan, tujuannya agar dapat fokus pada nafas dan pergerakan. Saat membiasakan diri untuk bermeditasi dan pernapasan yoga, hal ini dapat membantu anda mengurangi stres, pikiran lebih jernih, serta hati yang lebih tenang. Tak hanya itu, aspek yoga sangat sesuai dengan tujuan bulan Ramadhan dan puasa menurut ajaran agama, yaitu untuk membersihkan hati serta pikiran anda.

3. Mendorong Energi Tubuh
Dengan semua pergerakan dan tekanan pada bagian tubuh yang anda lakukan selama yoga, dapat membantu melancarkan peredaran tubuh dan membawa oksigen ke sistem kardiovaskuler. Sehingga, anda dapat menstimulasi perasaan tubuh menjadi lebih segar, tak hanya dengan yoga namun semua jenis olahraga dapat mengeluarkan endorfin, serotonin, dan dopamine. Hormon-hormon inilah yang bertugas untuk meningkatkan suasana hati, dan membuat tubuh jauh lebih produktif.

4. Menjaga Tubuh Tetap Aktif tanpa Lelah
Pergerakan tubuh, serta fleksibilitas saat melakukan yoga sangat cocok dilakukan ketika sedang berpuasa. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak energi ketika berolahraga, dan terhindar dari kehausan maupun kelaparan. Adapun, yoga berfokus pada ritme dan pergerakan konstan tubuh, yang tujuannya bukan membakar kalori sehingga tidak mudah kelelahan.

5. Membantu Tidur serta Hindari Insomnia
Penelitian membuktikan bahwa yoga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Pasalnya, ketika berolahraga cenderung meningkatkan rasa lelah pada malam hari sehingga membuat seseorang lebih mudah tidur. Tak hanya itu, dengan yoga dapat membuat anda lebih rileks, ketenangan emosional, serta terhindar dari stres hal inilah yang memicu lebih cepat tertidur di malam hari.

Jika anda ingin yoga di bulan Ramadan, lakukanlah dalam tiga waktu berbeda yaitu di pagi hari, 2 jam sebelum berbuka, ataupun tiga jam setelah berbuka. Dengan gerakan yang sesuai kemampuan fisik anda. Itulah manfaat dan tips untuk melakukan yoga di bulan Ramadhan.