HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko melakukan pembahasan terkait dengan perkembangan ekosistem kendaraan listrik di kawasan Asia Tenggara. Saat bertemu, AFEVA (Asian Federation of Electric Vehicle Association) atau gabungan Asosiasi Industri Kendaraan Listrik Asia.

Pada pertemuan yang berlangsung Selasa (4/4), Moeldoko mengatakan produksi kendaraan roda dua di Indonesia mencapai 6-7 juta per tahun. Ia berharap, AFEVA bisa mengembangkan ekosistem kendaraan listrik.

“Produksi kendaraan bermotor roda dua di Indonesia mencapai 6 hingga 7 juta per tahun. Di negara-negara Asia Tenggara pun, penggunaan kendaraan roda dua sangat masif,” katanya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Rabu (5/4).

“Maka Federasi Asosiasi ini perlu memikirkan bagaimana mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, khususnya di sektor kendaraan roda dua,” sambungnya.

Selain itu, dalam pertemuan yang berlangsung diGedung Bina Graha, Jakarta. Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) sepakat menjadi bagian dari AFEVA.

Menurut Moeldoko, bergabungnya Periklindo dalam federasi asosiasi kendaraan listrik ini diharapkan mampu membawa Indonesia sebagai salah satu negara terdepan produsen kendaraan listrik di kawasan Asia.

Hal ini pun sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia terhadap sistem transportasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

“Diharapkan industri-industri kendaraan listrik dalam federasi Asia ini akan turut mempengaruhi pembuatan kebijakan-kebijakan nasional di masa mendatang yang lebih mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik dalam negeri,” ungkap Moeldoko.