Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Manfaat Sedekah di Bulan Ramadan, Pahala Dilipatgandakan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sedekah adalah sebuah kegiatan yang sangat positif. Dimana seseorang memberikan sumbangan berupa materi kepada orang lain dengan memilikin maksud untuk saling tolong menolong.

Bersedekah bisa dilakukan oleh diri sendiri maupun melalui sebuah badan atau lembaga tertentu. Kesemuanya memiliki maksud dan tujuan, yakni menolong orang lain dengan tanpa pamrih atau berharap imbalan tertentu.

Sering kali, bersedekah atau charity dilakukan atas dasar spiritualitas atau unsur agama tertentu. Hanya saja jika dipandang dari sisi manfaat, bersedekah ternyata memiliki manfaat yang besar, tidak hanya bagi orang lain, bahkan kepada diri sendiri.

Lantas apa saja manfaat yang bisa dicapai dari kegiatan bersedekah ini. Berikut adalah ulasannya dari Holopis.com.

1. Tumbuhkan Rasa Empati
Orang yang mengeluarkan sedekah untuk orang lain pasti memiliki rasa empati dan peduli kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Sisi ikhlas menjadi sorotan paling utama di dalam melakukan kegiatan sosial yang mulia ini.

Dengan rajin mengeluarkan sedekah, seseorang akan semakin dilatih untuk berempati kepada orang lain. Rasa peduli dan ingin menolong orang lain tanpa pamrih akan semakin tumbuh, sehingga seseorang akan semakin terlatih kepedulian sosialnya.

2. Memperkuat Rasa Kemanusiaan
Dengan empati yang tumbuh dengan baik, kegiatan bersedekah juga bisa menimbulkan kepedulian dan rasa kemanusiaan. Tidak bisa melihat orang lain kesusahan dan hati akan terus tergerak untuk menjadi bagian dari orang-orang yang penting bagi sesamanya.

3. Menurunkan Tingkat Stres
Peduli dengan orang lain dan mengupayakan kebahagiaan orang-orang yang membutuhkan menjadi salah satu obat dari kepenatan hati dan pikiran. Bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain bisa menimbulkan dopamin, yakni hormon kebahagiaan.

4. Memperkuat Keimanan
Bersedekah adalah salah satu kegiatan yang bisa memicu untuk meningkatnya rasa keimanan seseorang. Sebab, dengan bersedekah dan berbagi kebahagiaan kepada orang lain, seseorang bisa merasa telah menjalankan perintah Tuhan dengan peduli dan menyayangi sesama manusia atau sesama makhluk hidup.

Orang yang rajin bersedekah bisa tergugah hatinya utnuk memahami apa tujuannya diciptakan di dunia ini, yakni memberikan manfaat kepada orang lain.

5. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda
Selain sisi spiritualitas, ternyata Rasulullah Muhammad SAW telah bersabda, bahwa manfaat orang berbuat baik di dalam bulan suci Ramadan adalah pahalanya dilipatgandakan 70 kali lebih banyak daripada bulan-bulan lainnya.

“Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori-Muslim).

Selain itu, sbuah hadir riawayah Muslim pun menyebutkan, bahwa bersedekah adalah salah satu pahala yang jauh lebih banyak ketimbang amal-amal lainnya. Dimana Allah SWT melibatgandakan pahala bersedekah sebanyak 700 kali.

كلُّ عمَلِ ابْنِ آدَم لهُ الحَسَنَة بعَشْرِ أَمْثَالهِاَ إلى سبعُمِائَةِ ضِعْفِ قال عز و جل : إلا الصِّياَمَ فإنه لِي و أنا الذي أَجْزَي بِه

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya”. (HR. Muslim).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru