HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi akhirnya buka suara mengenai ramainya penolakan pemain kehadiran Timnas Israel dalam ajang Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.

Jokowi menegaskan, keikutsertaan Israel tidak ada pengaruhnya dengan sikap pemerintah Indonesia yang tetap mendukung kemerdekaan Palestina.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi politik luar negeri kita terhadap Palestina karena dukungan kita terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (28/3).

Mantan Wali Kota Solo itu menegaskan, pihaknya padahal sudah membahas hal tersebut dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia. Dimana pihak Palestina yakin FIFA sebenarnya ada penyelesaian atas persoalan tersebut.

“Dalam urusan Piala Dunia U-20 kali ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya,” ungkapnya.

“Jadi, jangan mencampur adukkan urusan olahraga dengan urusan politik,” sambungnya.

Dengan kondisi penundaan drawing Piala Dunia, Jokowi menyatakan masih akan mengupayakan agar gelaran Piala Dunia di Indonesia masih tetap berlangsung.

“Saat ini, FIFA telah mengetahui adanya penolakan-penolakan dalam keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20. Tapi, kita sebagai pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik. Untuk itu, saya telah mengutus Ketum PSSI, Erick Thohir, untuk bertemu dengan tim FIFA agar bisa mencari penyelesaian dan solusi yang terbaik,” pungkasnya.