HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bercak atau noda hitam atau yang kita kenal dengan flek hitam, seringkali tampak muncul pada kulit wajah. Adanya flek hitam pada wajah, seringkali dianggap mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Namun terdapat beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi flek hitam pada wajah, dengan durasi waktu yang cukup lama.

Simak penjelasan berikut ini, mengenai penyebab dan cara menghilangkan flek hitam pada wajah, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Siloam Hospital, Jumat (24/3).

Penyebab Flek Hitam pada Wajah

Adanya flek hitam karena peningkatan produksi hormon melanin yang memberi warna pada kulit. Beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya flek hitam pada wajah yaitu : 

1. Faktor genetik

2. Paparan sinar ultraviolet, seperti matahari atau tanning bed

3. Penggunaan KB hormonal yang memicu hiperpigmentasi

4. Menderita masalah kulit, seperti hiperpigmentasi pasca-inflamasi, melasma, dan melanosis riehl

5. Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti estrogen, amiodarone, tetrasiklin, sulfonamida, dan fenitoin

Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Sebagian besar flek hitam pada wajah, sebenarnya dapat memudar dengan sendirinya seiring pertambahan usia. Namun ada beberapa cara hilangkan flek hitam pada wajah secara efektif, yang dapat anda lakukan :

1. Madu

Senyawa antioksidan yang terkandung dalam madu, dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit salah satunya yaitu flek hitam. Cara penggunaannya mudah, anda hanya perlu mengoleskan madu secara langsung pada permukaan wajah, diamkan masker madu selama 5 sampai 10 menit dan kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

2. Lidah Buaya

Cara alami berikutnya, yaitu dengan menggunakan gel lidah buaya yang bekerja secara efektif menghilangkan flek hitam. Kandungan senyawa aloin dan asam salisilat yang terkandung dalam lidah buaya, dapat membantu menghilangkan flek hitam. Anda cukup oleskan lidah buaya secara rutin setiap malam sebelum tidur, lalu sisa gel lidah buaya tersebut dapat dibilas pada pagi harinya.

3. Masker Kunyit

Berikutnya anda dapat menghilangkan flek hitam di wajah, dengan menggunakan masker kunyit. Pasalnya, kunyit mengandung senyawa yang efektif dalam mengurangi produksi hormon melanin. Campurkan bubuk kunyit dengan yogurt plain atau tanpa rasa, oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

4. Teh Hijau

Cara menghilangkan flek hitam pada wajah, berikutnya anda dapat menggunakan teh hijau. Kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam teh hijau, mampu menghambat hiperpigmentasi sebagai salah satu penyebab flek hitam. Cukup kompreskan kantong teh hijau yang telah diseduh, pada kulit sebanyak 2 kali sehari. Tak hanya itu, teh hijau juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, karena dapat mengurangi minyak berlebih.

5. Chemical Peeling

Chemical peeling atau perawatan eksfoliasi wajah, bertujuan untuk mengangkat kulit mati menggunakan bahan kimia tertentu. Kandungan kimia tersebut seperti, alpha hydroxy acid (AHA), beta hydroxy acid (BHA), azelaic acid, salicylic acid, serta cairan asam lainnya. Adapun, dalam penggunaannya perlu diperhatikan bahwa perawatan kulit wajah ini juga dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi. Karena itu, maka sangat penting bagi anda untuk membatasi perawatan chemical peeling agar tidak berlebihan.

6. Krim Pencerah Wajah

Selanjutnya cara untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, dengan menggunakan krim pencerah wajah. Gunakan krim yang mengandung hydroquinone, retinoid, vitamin c, atau kojic acid, yang dinilai mampu mengatasi flek atau noda hitam pada kulit wajah secara efektif. Perlu diingat, sebelum penggunaan konsultasikan pemakaian krim wajah ini dengan dokter kulit guna mengetahui kandungan yang cocok dengan kondisi kulit anda.

7. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah perawatan untuk flek hitam di wajah yang menggunakan butiran kristal halus dan vakum khusus guna mengangkat sel-sel kulit mati. Tak hanya dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah, mikrodermabrasi juga dapat membantu mengatasi kerutan, garis halus, serta noda bekas jerawat.

8. Perawatan Laser

Perawatan laser merupakan cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah efektif. Dalam proses perawatan ini, dokter akan menggunakan sinar laser guna menyinari bagian wajah yang terdapat flek hitam. Sinar laser tersebut, kemudian akan bekerja dengan mengurangi lapisan kulit pada flek hitam.

9. Cryosurgery

Cryosurgery adalah prosedur medis yang menggunakan cairan nitrogen bersuhu rendah untuk membekukan dan menghancurkan sel-sel kulit pada flek hitam. Namun, anda perlu mengetahui bahwa, tidak semua jenis flek hitam pada wajah dapat dihilangkan melalui prosedur cryosurgery.

Telah kami jabarkan sejumlah cara menghilangkan flek hitam di wajah, dapat anda lakukan dengan rutin di rumah maupun dengan bantuan medis.